Jelang Momen Mudik, PUPR Kebut Perbaikan Jalur Pantura

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ahmad Fikri Noor

Selasa 04 Apr 2023 21:42 WIB

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) berbincang bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi V DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/4/2023). Raker tersebut membahas persiapan dan kesiapan infrastruktur dan transportasi mudik Lebaran tahun 2023. Foto: Republika/Prayogi. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) berbincang bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi V DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/4/2023). Raker tersebut membahas persiapan dan kesiapan infrastruktur dan transportasi mudik Lebaran tahun 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, saat ini pemerintah terus melakukan perbaikan jalan di ruas jalur pantai utara jawa (pantura) sebelum momen mudik lebaran tiba. Basuki mengatakan saat ini kemantapan jalur pantura di angka 92 persen.

"Kami terus melakukan perbaikan agar saat momen mudik tiba masyarakat bisa langsung melewati jalur ini dengan aman," ujar Basuki di kompleks DPR, Selasa (4/4/2023).

Baca Juga

Jalur ini dinilai merupakan favorit warga saat mudik. Oleh karena itu, pemerintah mempercepat perbaikan jalan agar bisa dilintasi masyarakat.

"Memang masih ada jalan-jalan yang rusak seperti di Kudus, nanti sudah selesai yang dua kilometer sedang kita rigid dan akan segera selesai. Sehingga sudah bisa dapat dimanfaatkan di Lingkar Kudus yang terkena banjir," kata Basuki.

Untuk jalan tol di Jawa, total panjang yang sudah beroperasi ialah 1.716 kilometer. Hal itu terdiri atas jalan Trans Jawa sepanjang 1.056 kilometer, jalan tol Jabodetabek 337 kilometer, dan non-Trans Jawa 322 kilometer.

Terpopuler