Kemenhub Imbau Pesan Tiket Mudik Lewat Aplikasi Online

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ahmad Fikri Noor

Selasa 04 Apr 2023 20:50 WIB

Sejumlah penumpang beraktivitas saat menaiki KMP Sebuku di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (17/3/2023). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat mendorong para pemudik menggunakan aplikasi yang ada seperti MitraDarat dan Ferizy. Foto: Republika/Putra M. Akbar Sejumlah penumpang beraktivitas saat menaiki KMP Sebuku di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (17/3/2023). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat mendorong para pemudik menggunakan aplikasi yang ada seperti MitraDarat dan Ferizy.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring kemajuan teknologi saat ini, berbagai kebutuhan pemudik untuk memesan tiket transportasi menjadi mudah. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat mendorong para pemudik menggunakan aplikasi yang ada seperti MitraDarat dan Ferizy.

Direktur Angkutan Jalan, Suharto menjelaskan, MitraDarat merupakan aplikasi multi layanan yang menyediakan beragam informasi dalam satu pintu terkait pengawasan, perizinan dan operasional bidang transportasi darat.

Baca Juga

“Melalui aplikasi ini kita dapat melakukan pengecekan informasi laik jalan kendaraan, Tracking Bus yang terintegrasi dan informasi mengenai Peta Mudik. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya dengan aplikasi ini masyarakat melakukan pendaftaran program Mudik Gratis Direktorat Jenderal Perhubungan Darat yang sudah kita lakukan,” kata Suharto dalam keterangan resminya, Selasa (4/4/2023).

Ia menambahkan, sebagai upaya untuk menekan angka penggunaan sepeda motor oleh para pemudik, Kemenhub turut menyediakan sebanyak 24.072 kuota mudik gratis yang terdiri dari 18.528 orang untuk arus mudik dengan 459 bus dan 5.544 orang untuk arus balik dengan 126 bus.

Selain itu, Kemenhub juga menyediakan kuota untuk pengangkutan motor dengan truk secara gratis yang total kuota pengangkutan mudik sepeda motor sebanyak 900 unit. Itu terbagi menjadi 450 unit untuk arus mudik dan 450 unit untuk arus balik yang diangkut dengan 30 unit truk.

Lebih lanjut, dengan aplikasi MitraDarat, masyakat juga dapat mendaftar mudik gratis.

"Selain itu untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para pengguna bus dapat mengecek apakah bus yang akan dinaikinya sudah laik untuk beroperasi atau belum. Jika belum laik jangan digunakan dan bisa juga dilaporkan kepada kami. Saat ini, aplikasi Mitra Darat telah tersedia di Play Store (Android) dan iOS (Apple),” katanya.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno juga mengingatkan para pengguna jasa penyeberangan kapal ferry khususnya di lintas sibuk Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk agar membeli tiket Lebaran mulai dari sekarang.

"Jadi, untuk tiket lebaran pada akhir April 2023 nanti, sudah bisa dibeli dari sekarang baik via aplikasi atau website Ferizy. Calon pemudik harus sudah mulai rencanakan jadwal berangkat, minimal H-1 sudah bertiket. Saat ini sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan," katanya.