Dishub Bandung Cek Kelaikan Bus di Terminal H-7 Mudik Lebaran

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Bilal Ramadhan

Selasa 04 Apr 2023 23:47 WIB

Sejumlah calon penumpang menunggu keberangkatan bus di Terminal Cicaheum, Kota Bandung. Dishub Kota Bandung mulai mengecek kelaikan bus di Terminal pada H-7 mudik lebaran. Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA Sejumlah calon penumpang menunggu keberangkatan bus di Terminal Cicaheum, Kota Bandung. Dishub Kota Bandung mulai mengecek kelaikan bus di Terminal pada H-7 mudik lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung akan melakukan ramp check atau inspeksi standar keselamatan pada bus-bus di terminal H-7 mudik lebaran 1444 Hijriah hingga H+7. Sebelum mengecek di terminal, petugas melakukan pengecekan di pol bus.

Kabid Keamanan dan Ketertiban Transportasi Dishub Kota Bandung Asep Kuswara mengatakan ramp check dilakukan untuk memastikan bus laik jalan dan laik beroperasi. Pengecekan diantaranya memastikan surat-surat berlaku dan kondisi bus baik.

Baca Juga

"Pengecekan per terminal dan di pol takut kecolongan misal pemberangkatan tidak melalui terminal makanya kita ke pol ramp check," ujarnya, Selasa (4/3/2023).

Bus yang sudah lolos pengecekan, ia mengatakan akan mendapatkan stiker dari Dishub Kota Bandung. Beberapa hal yang Asep soroti terkait ramp check yaitu masih ditemukan rem tangan yang kadang tidak berfungsi.

Selain itu, wifer mobil yang dibiarkan tidak berfungsi maksimal. Padahal keberadaannya penting apalagi di tengah musim hujan agar pandangan lebih luas melihat.

Ia mengatakan pelaksanaan ramp check di terminal dilakukan H-7 hingga H+7. Asep mengajak seluruh masyarakat dan pemilik bus untuk bersama-sama bertanggung jawab menjaga keselamatan.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Jawa Barat, melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan pada kendaraan bermotor sebagai persiapan menghadapi arus mudik Lebaran. Ramp check ini untuk memastikan kelaikan jalan angkutan penumpang.

Kegiatan ramp check pertama kali dilakukan di pul perusahaan jasa transportasi Jackal Holidays di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (29/3/2023). Kepala Seksi Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Kota Bandung Dede Agus Sumantri mengatakan, hasil pemeriksaan sementara ini, bus yang diperiksa dinilai laik jalan.

“Tidak ada temuan yang berarti dalam kondisi teknis kendaraan. Semua hampir layak operasi, sekitar 50 unit,” kata Dede di sela-sela kegiatan ramp check, Rabu (29/3/2023).