Pemkot Tangerang Gelar Pesantren Ramadhan Perkuat Karakter Pelajar

Red: Erdy Nasrul

Selasa 04 Apr 2023 14:49 WIB

Ilustrasi pesantren Ramadhan. Foto: Antara/Dedhez Anggara Ilustrasi pesantren Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pendidikan menggelar Pesantren Ramadhan bagi seluruh pelajar Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk penguatan karakter hingga baca tulis Alquran.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin mengatakan para siswa akan diberikan materi-materi yang sudah disiapkan oleh Dinas Pendidikan terkait penguatan karakter, baca tulis Alquran, tauhid, hadist, zakat, dan sebagainya.

Baca Juga

"Jadi untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan para siswa dan siswi di Bulan Ramadhan ini dilaksanakan Pesantren Ramadan bagi jenjang SD hingga SMP," katanya.

Kepala Sekolah SMP 16 Kota Tangerang, Udin Syamsudin, menuturkan Pesantren Ramadhan dilaksanakan sejak Senin (3/4) hingga Kamis (6/4/). Sebanyak 360 siswa kelas IX mengikuti kegiatan Pesantren Ramadan secara luring, sedangkan untuk kelas VII dan VIII secara daring, dan akan bergantian hingga hari terakhir.

"Untuk siswa Muslim kelas IX hari ini ada sebanyak 360 siswa yang hadir secara luring. Untuk kelas VII dan VIII hari ini dilaksanakan secara daring. Nanti akan bergiliran kelasnya untuk yang luring dan daring," ungkap Udin.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Pesantren Ramadhan ini dapat meningkatkan keimanan parapelajar dan dapat mewujudkan anak-anak yang berakhlak baik.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan Pesantren Ramadhan ini dapat meningkatkan keimanan para siswa dan dapat mewujudkan anak-anak yang berakhlakul karimah, sehingga apa yang didapat dari kegiatan ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.