Bulan Ramadhan tak Halangi Warga Donor Darah

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Hafil

Selasa 04 Apr 2023 05:54 WIB

[ilustrasi] Warga relawan mendonorkan darah usai sholat tarawih  di bulan Ramadhan. Foto: ANTARA FOTO/Rahmad [ilustrasi] Warga relawan mendonorkan darah usai sholat tarawih di bulan Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI--Animo warga Kota Sukabumi untuk mendonorkan darahnya di bulan puasa tetap tinggi meskipun di bulan puasa. Hal ini terlihat dari banyaknya warga yang ikut gerakan donor darah yang digagas komunitas tionghoa Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Cabang Kota Sukabumi di Sekretariat INTI di Danalaga Square Kota Sukabumi, Ahad (2/4/2023).

Kegiatan dalam menyambut hari Jadi Kota Sukabumi ke-109 ini untuk memenuhi kebutuhan labu darah di momen bulan puasa. '' Warga yang ikut donor darah banyak, walaupun digelar di bulan puasa,'' ujar Wakil Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Sukabumi, Ferry Febriana.

Baca Juga

Di mana pada Ahad ini saja hingga pukul 10.00 WIB sudah ada 110 warga yang mendonorkan darahnya. Sementara targetnya ada sekitar 200 warga yang mendonorkan darah. Target ini dinilai akan dipenuhi melihat animo warga yang datang.

Sebelumnya kata Ferry, pada Jumat (31/3/2023) lalu juga digelar donor darah yang diikuti Ikatan Alumni Yuwati Bhakti (YB) di markas PMI Sukabumi. Hasilnya ada sebanyak 70 kantong labu darah terkumpul.

Ferry menuturkan, dua aksi donor darah ini cukup membantu PMI dalam menyediakan labu darah kepada warga. Sehingga PMI menyampaikan terimakasih kepada INTI dan IKA YB.

''Donor darah terlaksana dengan baik dalam rangka menyambut hari Jadi Kota Sukabumi bekerjasama dengan PDDI dan PMI,'' ujar Wakil Ketua INTI Sukabumi, Gunawan, Ahad. Di ditargetkan ada 200 labu darah yang terkumpul dan bersyukur banyak yang hadir dari muslim maupun non muslim.

Gunawan menuturkan, dalam setahun INTI meggelar tiga kali donor darah. Termasuk di bulan suci Ramadhan dilakukan karena memang stok darag menipis, sehingga INTI peduli untuk donor darah.

Gunawan, mengucapkan terimakasih kepada peserta donor darah dan Pemda kota Sukabumi yang mendukung kegiatan tersebut. Donor darah ini untuk membantu warga yang membutuhkan labu darah dalam rangka pengobatan. Misalnya para penderita thalesemia.

''Keluarga besar INTI menggagas donor darah kerjasama dengan Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kota Sukabumi dan PMI,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi sekaligus Ketua PDDI Kota Sukabumi.

Semangatnya kegiatan ini menjaga ketersediaan stok darah di Kota Sukabumi. Sebab seperti diketahui stok labu darah berkurang di bulan Ramadhan.

Sehingga kata Fahmi, momen ini dimanafaatkan kelurga besar INTI untuk donor darah dalam menjaga stok darah. Peserta donor daeah ini kebanyakan kalangan non muslim yang menunjukkan kolaborasi dan di kerukunan umat beragama terjalin dengan baik.

''Kami juga mengajak warga jangan takut donor darah, bila fisik sehat agar donor darah,'' kata Fahmi. Hal ini sebagai bentuk kepedulian kepada warga yang membutuhkan labu darah dalam pengobotan.