Ahad 02 Apr 2023 15:13 WIB

Resep Ayam Gulai Ala Devina Hermawan, Cocok untuk Sahur Maupun Berbuka

Ayam gulai termasuk praktis dan padat nutrisi untuk hidangan sahur maupun berbuka.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Chef Devina Hermawan mendemonstrasikan cara memasak gulai ayam di sela acara peluncuran buku The Winners Recipe besutan Nutricia.
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Chef Devina Hermawan mendemonstrasikan cara memasak gulai ayam di sela acara peluncuran buku The Winners Recipe besutan Nutricia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi orang tua yang sedang mencari-cari inspirasi menu untuk sahur dan berbuka selama bulan puasa, hidangan ayam gulai bisa menjadi pilihan. Menurut Chef Devina Hermawan, hidangan Nusantara yang penuh gizi tersebut cocok untuk menu keluarga.

"Ini praktis dan padat nutrisi. Bisa disesuaikan dengan selera si kecil. Terkadang anak tidak suka yang aromanya terlalu tajam, tinggal disesuaikan bumbunya," kata Devina pada acara demo memasak di sela peluncuran buku The Winner's Recipe besutan Nutricia.

Baca Juga

Perempuan 29 tahun kelahiran Bandung, Jawa Barat itu menyebutkan sejumlah bahan yang diperlukan. Devina memakai 400 gram paha ayam fillet untuk menghemat waktu memasak. Siapkan juga air jeruk nipis dan merica untuk memarinasi paha ayam.

Bahan bumbu halus yang diperlukan antara lain bawang merah, bawang putih, kacang mede, jahe, lengkuas, kunyit bakar, cabe merah tanjung yang dibuang bijinya, ketumbar butir yang sudah disangrai, lada putih, dan jintan sangrai. Blender semua bumbu halus, lalu tumis hingga wangi.

Untuk bahan aromatik, Devina menyebutkan sejumlah bahan yang perlu disiapkan adalah serai, asam kandis, bunga lawang, daun kunyit, pala, kapulaga, daun salam, daun jeruk, kaldu ayam, kaldu jamur, dan santan. Semua bahan aromatik ini digabungkan ke bahan bumbu halus.

Setelah aromanya tercium, Devina yang merupakan jebolan ajang memasak Masterchef Indonesia musim kelima menyampaikan langkah berikutnya, yaitu memasukkan ayam dan dimasak selama 30 menit dengan api sedang. Terakhir, tuangkan santan dan masak hingga matang. Ayam gulai siap disajikan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement