Arab Saudi Bagikan Tips Mencegah Membuang Makanan Saat Ramadhan

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 31 Mar 2023 20:37 WIB

Suasana buka puasa Ramadhan di Arab Saudi. Arab Saudi Bagikan Tips Mencegah Membuang Makanan Saat Ramadhan Foto: Thenewstribe.com Suasana buka puasa Ramadhan di Arab Saudi. Arab Saudi Bagikan Tips Mencegah Membuang Makanan Saat Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Sampah makanan menjadi lebih tinggi di Indonesia ketika bulan Ramadhan. Begitu pun di Arab Saudi. Jumlah sampah makanan yang meningkat ini diakibatkan konsumsi yang berlebihan.

Dilansir dari Al Arabiya, Jumat (31/3/2023), Arab Saudi membagikan tips mencegah buang-bunag makanan selama bulan suci Ramadhan. Otoritas Keamanan Pangan Umum Arab Saudi (GFSA) telah mengeluarkan beberapa tips yang dapat membantu mereka yang berpuasa menyiapkan makanan dan buka puasa yang lebih berkelanjutan.

Baca Juga

Kiat-kiat tersebut, yang dibagikan di media sosial, adalah bagian dari kampanye yang diluncurkan minggu lalu oleh Program Nasional GFSA untuk Mengurangi Kehilangan dan Pemborosan Pangan di Kerajaan.

Kampanye yang bertujuan meningkatkan kesadaran tentang ketahanan pangan dan mencegah pemborosan makanan ini juga mengajak masyarakat untuk menjaga pola konsumsi yang baik dan sehat. GFSA mencatat tingkat kehilangan dan pemborosan makanan di Kerajaan sekitar 33 persen dan nilai limbah makanan diperkirakan mencapai 10,66 miliar dolar (40 miliar riyal) setiap tahunnya.

Untuk membantu mencegah hal ini, kampanye ini mendesak orang-orang untuk terlebih dahulu mengatur makanan apa yang mereka inginkan di meja ketika buka puasa, kemudian menyimpan sisa makanan dalam wadah yang rapat untuk dikonsumsi nanti.

Ia juga mengimbau masyarakat tidak membuat makanan dalam jumlah besar yang tidak perlu, terutama makanan berat seperti nasi.

“Nasi adalah makanan utama dan terbuang dalam jumlah besar,” kata kampanye tersebut dalam sebuah posting di akun Twitternya.

Ia menambahkan persentase sisa makanan dari nasi adalah 31 persen. Hal yang sama berlaku untuk kurma.

Kurma adalah elemen penting di bulan Ramadhan, dan biasanya dimakan untuk berbuka puasa. Namun, kampanye tersebut mencatat jumlah kurma yang terbuang diperkirakan lebih dari 36 ribu ton per tahun.

Selain itu, kampanye mencatat menyiapkan daftar belanjaan sebelum pergi ke supermarket adalah strategi bagus yang memungkinkan orang mengurangi pembelian produk yang tidak mereka butuhkan.

“Ini membantu dengan mengurangi waktu (dihabiskan di supermarket), menghemat uang, dan (membantu) berhenti membuang-buang makanan,” kata GFSA.