Bangka Tengah Siapkan Enam Bus Mudik Gratis

Red: Ani Nursalikah

Jumat 31 Mar 2023 19:24 WIB

Ilustrasi bus mudik. Bangka Tengah Siapkan Enam Bus Mudik Gratis Foto: GALIH PRADIPTA/ANTARA Ilustrasi bus mudik. Bangka Tengah Siapkan Enam Bus Mudik Gratis

REPUBLIKA.CO.ID, KOBA -- Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan enam bus untuk melayani warga yang melakukan perjalanan mudik gratis.

"Enam unit bus itu kita siapkan untuk melayani mudik lokal dan ini program mudik gratis," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, Jumat (31/3/2023).

Baca Juga

Pemkab Bangka Tengah melayani mudik gratis bagi warga dengan rute Koba-Mentok, Lubuk Besar-Mentok, Koba-Pangkal Balam, Koba-Bandara, Sungai Selan-Mentok, Sungai Selan-Bandara. "Program ini gratis untuk masyarakat yang akan berkumpul melaksanakan Lebaran Idul Fitri 1444 H bersama keluarga," ujarnya.

Bupati mengatakan sebanyak enam unit yang disediakan Dinas Perhubungan Bangka Tengah mulai beroperasi pada 17 dan 18 April 2023. "Arus mudik tahun ini diprediksi bakal semakin banyak dan ramai, karena tidak ada lagi larangan atau batasan karena Covid-19," ujarnya.

Dengan demikian, animo masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik membuat angkutan umum menjadi penuh. "Jika angkutan memaksakan muatan melebihi kapasitas penumpang, tentu akan berisiko di jalan maka kita siapkan bus gratis untuk mengangkut pemudik," ujarnya.

Algafry menyarankan para mudik lebih hati-hati dalam perjalanan untuk menghindari kecelakaan lalu lintas. "Bagi yang membawa kendaraan pribadi untuk lebih hati-hati, siapkan kelengkapan surat kendaraan dan pastikan tidak mengantuk saat membawa kendaraan. Saya menyarankan mudik lebih awal bagi masyarakat umum untuk menghindari pemudik tumpah, kecuali ASN memang mulai libur pada 19 April 2023," ujarnya.