Ciri Orang yang Merugi Ketika Ramadhan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah

 Jumat 31 Mar 2023 05:47 WIB

Para siswa SMA Al Muttaqin melakukan kegiatan tadarus on the street di jalur pedestrian Jalan KH Z Mustofa Kota Tasikmalaya, Selasa (28/3/2023). Ciri Orang yang Merugi Ketika Ramadhan Foto: Dok. Republika Para siswa SMA Al Muttaqin melakukan kegiatan tadarus on the street di jalur pedestrian Jalan KH Z Mustofa Kota Tasikmalaya, Selasa (28/3/2023). Ciri Orang yang Merugi Ketika...

Orang beriman berlomba-lomba dalam beribadah ketika Ramadhan datang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mereka yang berpuasa hanya menahan haus dan lapar, tetapi tidak menjaga hawa nafsu yang lain adalah sebagian ciri-ciri orang yang merugi ketika Ramadhan.

Orang beriman berlomba-lomba dalam beribadah ketika Ramadhan datang. Tetapi, ada sebagian orang yang tidak memanfaatkan rahmat Allah yang tercurah pada bulan yang penuh berkah dengan memaksimalkan ibadahnya.

Baca Juga

Mereka sesungguhnya terjebak dalam kerugian. Karena, belum tentu tahun depan kita dapat bertemu lagi dengan Ramadhan dan bisa jadi ini Ramadhan terakhir untuk kita.

Pengasuh Pondok Pesantren An Nurmaniyah Ustazah Nurma Nugraha mengatakan, ketika Ramadhan datang dan menyapa umat Islam, tetapi mereka melaluinya begitu saja maka mereka termasuk golongan yang merugi. Padahal, mereka diberikan kesempatan dengan beribadah sebanyak-banyaknya untuk meminta ampunan Allah SWT.

Dalam hadits riwayat Ahmad, Rasulullah SAW bersabda, “Kecewa dan merugi orang yang berkesempatan hidup di Ramadhan, tetapi tidak terampuni dosa-dosanya."

Ciri-ciri orang yang merugi saat Ramadhan adalah tidak peduli dengan panggilan Allah SWT. Jangankan ibadah sunnah, kata Ustadzah Nurma, bahkan ibadah wajib pun dia tinggalkan dengan berbagai alasan.

Jika mereka berpuasa, puasanya pun hanya mendapatkan haus dan lapar saja. “Mereka masih saja berbuat maksiat, apalagi mendapatkan ampunan Allah SWT karena tidak pernah terbesit untuk bertobat,” katanya.

Ketika berpuasa, mereka hanya menahan haus dan lapar, tetapi tidak menjaga hawa nafsu yang lain, hal-hal yang haram masih dilakukan, inilah sebagian ciri-ciri orang yang merugi ketika Ramadhan.

Bahkan, golongan ini akan menangis pada hari kiamat karena puasanya tidak berpahala. “Mereka berpuasa, tetapi tetap melakukan maksiat, korupsi, mencela, atau puasa bukan karena Allah SWT," ujarnya.

Berita Lainnya