Ramadhan Bulan yang Mulia

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil

Rabu 29 Mar 2023 07:00 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bertemu kembali dengan Ramadhan merupakan nikmat yang harus kita syukuri. Allah masih memberikan kita kesempatan untuk menikmati bulan penuh keberkahan ini setelah sebelas bulan mengarungi kehidupan yang penuh warna-warni

Pengurus Dayah Insan Qurani Aceh Besar. Muhammad Nasril mengatakan Inilah momentum yang tepat bagi kita semua untuk membersihkan diri dari segala dosa yang melekat tanpa kita sadari.

Baca Juga

Kegembiraan menyambut Ramadhan merupakan cerminan ketakwaaan yang ada dalam hati kita. Sejatinya bulan Ramadhan adalah salah satu dari syiar dalam agama kita yang harus kita hormati dan agungkan.

Dibanding bulan lainnya, Ramadhan adalah bulan yang paling mulia. Pada bulan ini permulaan Alquran diturunkan, dia merupakan bulan ketaatan, ibadah dan perbuatan baik. Ramadhan juga bulan penuh ampunan, rahmat dan keridhaan, terdapat Lailatul Qadar yang lebih baik daripada seribu bulan.

"Kehadiran bulan Ramadhan tentu membawa kabar gembira bagi kita, dengan berbagai bonus dan keutamaannya. Kalau kita mau merenungi dan memanfaatkan momentum ini, tentunya akan melengkapi kegembiraan kita,"ujar dia kepada Republika.co.id, Rabu (29/3/2023).

Banyak hadist dari baginda Nabi SAW yang menjelaskan tentang keutamaan bulan Ramadhan, diantaranya, pertama, ramadhan momentum bagi kita untuk membersihkan diri dari segala noda dosa.

Rasulullah SAW bersabda :

”Shalat lima waktu, shalat Jum’at sampai ke shalat Jum’at berikutnya, puasa Ramadhan ke puasa Ramadhan berikutnya adalah sebagai penghapus (dosa) apabila perbuatan dosa besar ditinggalkan”. (HR. Muslim).

Inilah salah satu alasan kenapa kita harus bersuka cita, karena kita telahm endapat kesempatan untuk menyucikan diri dari kita.

Ustaz Nasril mengajak umat untuk menjalankan ibadah di dalamnya dengan penuh iman dan pengharapan, serta memperbanyak istighfar, agar Ramadhan benera menjadi bulan pengampunan.

Kedua, dalam hadis lainnya Rasulullah SAW menyatakan bahwa, Ramadhan sebagai musim kebaikan yang menakjubkan :

"(Bulan dimana) dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, syetan-syetan dibelenggu. Dan berserulah malaikat : wahai pencari kebaikan, sambutlah. Wahai pencari kejahatan, berhentilah” (demikian) sampai berakhirnya ramadhan” ( HR Ahmad).

Pada bulan ini diberikan isyarat seakan tertutup peluang untuk mengerjakan kejahatan yang digambarkan dengan ditutupnya pintu neraka, sedangkan kebaikan terbuka lebar untuk dikerjakan yang digambarkan bahwa pintu surga dibuka.

Ramadhan menjadi bulan musim kebaikan, di mana semua muslim menjalankan ibadah dengan penuh semangat dan dengan hati yang ringan.

"Kita bisa melihat suasana masjid, mushalla dan rumah-rumah kaum muslimi di bulan ini. Suasananya tentu akan sangat berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Lantunan ayat suci Alquran bisa didengarkan di setiap rumah,"jelas dia.

Namun Ramadhan akan menjadi seperti bulan-bulan yang lain jika tidak dibarengi dengan usaha dan komitmen dalam menggapai kebaikan di bulan ini.

Pastinya akan rugi rasanya jika Ramadhan berlalu begitu saja layaknya pergantian siang dan malam yang terus berjalan, tapi kita tidak bisa mengambil ibrah dari proses tersebut. Semua akan terasa hambar kalau keutamaan yang begitu besar tidak dinikmati.

Ketiga, bulan Ramadhan adalah Syahrul Qur’an,bulan Diturunkannya Alquran, kitab yang menjadi pedoman hidup umat Islam. Sebab itu, perbanyaklah membaca dan mentadabburnya, minimal selama Ramadhan bisa mengkhatamkan sekali saja. Namun alangkah baiknya jika bisa mengkhatamnya berkali-kali.

Berkaca pada ulama terdahulu, saat Ramadhan tiba, mereka akan fokus beribadah dan membaca Al-Qur’an, meliburkan majelis Ilmu dan menggantikannya dengan Al-Qur’an. Bahkan Imam Syafi’i juga mengkhatamkan Alquran berkali-kali selama Ramadhan.

Berbagai keutamaan yang terkandung dalam bulan Ramadhan telah dijelaskan dalam berbagai literasi. Ada satu hadits Rasulullah SAW yang mengingatkan agar tidak lalai, Rasulullah SAW bersabda : ”Kalau saja umatku tahu apa yang terdapat pada bulan Ramadhan, pastilah mereka berharap Ramadhan itu selama satu tahun.” (HR Thabrani).

Sungguh Ramadhan adalah bulan agung yang pahala ibadah sunat seperti wajib, pahala berlipat ganda dan memiliki berbagai keutamaan lainnya.

Saat ini kita masih berada di awal Ramadhan, mari manfaatkan sebaik mungkin. Jadikan Ramadhan sebagai sarana kita untuk memperbaiki perilaku, ibadah dan hubungan kita dengan sesama manusia.