Pemprov Kalteng Awali Ramadhan dengan Pasar Murah untuk ASN

Red: Ahmad Fikri Noor

 Jumat 24 Mar 2023 15:03 WIB

Warga membeli bahan pokok di Pasar Murah di Taman Sawah Kurung, Jalan Sawah Kurung, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/3/2023). Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengawali Ramadhan 1444 Hijriah dengan mengadakan pasar murah khusus untuk aparatur sipil negara (ASN) maupun tenaga kontrak. Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA Warga membeli bahan pokok di Pasar Murah di Taman Sawah Kurung, Jalan Sawah Kurung, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/3/2023). Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengawali Ramadhan 1444 Hijriah...

Pemprov Kalteng mengawali Ramadhan dengan mengadakan pasar murah.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengawali Ramadhan 1444 Hijriah dengan mengadakan pasar murah khusus untuk aparatur sipil negara (ASN) maupun tenaga kontrak.

"Hal ini tidak lepas dari upaya bersama di TPID dalam mengendalikan inflasi yang secara konsisten terus dilakukan selama ini," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalimantan Tengah Leonard S Ampung di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat (24/3/2023).

Baca Juga

Dia menjelaskan, pada awal Ramadhan ini tekanan inflasi gabungan kota di Kalteng cukup landai. Pada Februari 2023, inflasi gabungan tercatat sebesar 0,10 persen (mtm) atau berada pada peringkat ke-15 di Indonesia.

Sejumlah komoditas yang disediakan pada kegiatan ini disalurkan kepada ASN atau PNS golongan I, II, dan tenaga kontrak. Harapannya dapat membantu, khususnya dalam menghadapi Ramadhan.

Sejumlah komoditas yang disediakan tersebut merupakan kontribusi dan kolaborasi dari berbagai perangkat daerah khususnya di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan telah disubsidi. Dimulai dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian menyediakan 3.000 paket bahan pokok yang berisikan beras lima kilogram, gula pasir dua kilogram, minyak goreng dua liter, susu kental manis satu kaleng dan sarden satu kaleng.

Harga bahan pokok tersebut adalah Rp 150 ribu per paket dan disubsidi pemerintah provinsi sebesar Rp 100 ribu per paket, sehingga PNS dan tenaga kontrak cukup membeli dengan harga Rp 50 ribu per paket dengan menggunakan kupon yang telah dibagikan.

Kemudian Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) menyediakan cabai rawit 200 kilogram, bawang merah 300 kilogram, bawang putih 200 kilogram, cabai rawit 200 kilogram, dan cabai hijau 100 kilogram.

Dinas Ketahanan Pangan menyediakan minyak goreng kemasan 1.000 liter, gula pasir 1.000 kilogram, bawang merah 150 kilogram, bawang putih 150 kilogram, telur ayam 120 tray dan beras bersubsidi 16 ton.

Dinas Kelautan dan Perikanan menyediakan ikan nila dan patin masing-masing 50 kilogram serta Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerja sama dengan Pertamina menyediakan elpiji tiga kilogram bersubsidi sebanyak 560 tabung.

Kepala Biro Ekonomi Setda Kalteng Said Salim menambahkan, berbagai komoditas yang disediakan pada kegiatan ini disalurkan kepada PNS golongan I, II, dan tenaga kontrak.

"Harapannya dengan pasar murah ini dapat membantu dan meringankan, khususnya dalam menghadapi bulan Ramadhan 1444 H," terangnya.

Berita Lainnya