Suasana Tarawih di Masjid UI, Penuh Mahasiswa dan Warga Sekitar

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 24 Mar 2023 00:33 WIB

Suasana sholat tarawih di Masjid Ukhuwah Islamiyah atau Masjid UI di Kota Depok, Kamis (23/3/2023). Masjid UI juga menggelar tausiyah setelah rakaat kedelapan tarawih dengan pembicara guru besar FISIP UI, Prof. DR Ibnu Hamad. Foto: Republika/Alkhaledi Kurnialam Suasana sholat tarawih di Masjid Ukhuwah Islamiyah atau Masjid UI di Kota Depok, Kamis (23/3/2023). Masjid UI juga menggelar tausiyah setelah rakaat kedelapan tarawih dengan pembicara guru besar FISIP UI, Prof. DR Ibnu Hamad.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Masjid Ukhuwah Islamiyah atau Masjid UI yang ada di lingkungan kampus Universitas Indonesia (UI), pada Ramadhan 2023 ini kembali mengadakan sholat tarawih berjamaah. Sholat tarawih dilakukan tanpa pembatasan aturan Covid-19 yang ketat seperti beberapa tahun sebelumnya.

Sholat sunnah tarawih dipenuhi mahasiswa dan warga sekitar. Pantauan Republika.co.id pada hari kedua pelaksanaan sholat tarawih atau Kamis (23/3/2023), jamaah laki-laki berada di lantai bawah. Adapun jamaah wanita sholat di shaf bagian belakang dan di lantai dua. 

Baca Juga

Pelaksanaan sholat tarawih di Masjid UI tidak lagi berlangsung dengan berbagai aturan pembatasan Covid-19. Shaf sholat telah rapat hingga sebagian besar jamaah melaksanakan sholat tanpa masker.

Salah seorang sahabat Masjid UI yang mengurus berbagai kegiatan rumah ibadah ini, Abdul Qadir, mengatakan pelaksanaan sholat tarawih sejak malam pertama banyak diikuti mahasiswa dan warga sekitar UI. Ada juga orang tua mahasiswa atau orang yang sekadar mampir untuk sholat di masjid kampus ternama ini.

photo
Suasana sholat tarawih di Masjid Ukhuwah Islamiyah atau Masjid UI di Kota Depok, Kamis (23/3/2023). Masjid UI juga menggelar tausiyah setelah rakaat kedelapan tarawih dengan pembicara guru besar FISIP UI, Prof. DR Ibnu Hamad. - (Republika/Alkhaledi Kurnialam)

"Banyak anak asrama UI yang laki-laki atau perempuan. Orang tua mahasiswa juga ada, warga juga ada," kata Abdul Qodir kepada Republika.co.id di Masjid UI, Kamis (23/3/2023).

Dia juga menjelaskan, Masjid UI akan menggelar berbagai kegiatan untuk menyemarakkan Ramadhan ini, seperti festival dan bazar Ramadhan yang akan dimulai pada Sabtu (25/3/2023). "Nanti akan ada bazar-bazar di sini, tiap hari. Ada kegiatan lain juga buat Ramadhan sekarang," ujarnya.