Ribuan Jamaah Padati Buka Puasa Perdana di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Rep: C02/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 24 Mar 2023 00:25 WIB

Sejumlah warga menunggu waktu berbuka puasa (ngabuburit) di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Jawa Tengah, Kamis (23/3/2023). Ribuan Jamaah Padati Buka Puasa Perdana di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha Sejumlah warga menunggu waktu berbuka puasa (ngabuburit) di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Jawa Tengah, Kamis (23/3/2023). Ribuan Jamaah Padati Buka Puasa Perdana di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Ribuan jamaah memadati Masjid Raya Sheikh Zayed Solo untuk berbuka puasa perdana, Kamis (23/3/2023). Pengurus Masjid Raya Sheikh Zayed Solo menyediakan 6.000 takjil gratis untuk masyarakat setiap hari selama Bulan Suci Ramadhan. 

Dari pantauan Republika.co.id, jamaah sudah berdatangan ke Masjid Sheikh Zayed sejak pukul 16.00 WIB. Antusiasme masyarakat nampak sangat tinggi. 

Baca Juga

"Jadi kami sudah menyediakan tim kebersihan. Bekerja sama dengan relawan yang ada di sini dan pemerintah," ujar Perwakilan Pengurus Masjid Zayed Imron Supomo, Kamis.

Imron menjelaskan terkait menu berbuka puasa, yakni nasi boks. Tak lupa juga makanan khas Arab sekaligus sunnah Rasul, kurma dan air putih juga disediakan. 

Selanjutnya, soal mekanisme pembagian takjil, jamaah dipersilakan duduk di sebuah tenda yang disiapkan. Total ada tiga tenda yang terletak di sebelah selatan masjid bagi perempuan, sementara sebelah utara masjid bagi laki-laki.

"Kapasitas tenda 500 sampai 1.500 jamaah. Jadi nanti yang tidak bisa masuk tenda bisa masuk ke samping-samping masjid. Jadi kami sudah menyediakan tim kebersihan karena kerja sama dengan relawan yang ada di sini dan juga dari pemerintah," katanya. 

Khalim, mahasiswa asal Salatiga mengatakan sengaja datang untuk merasakan suasana berbuka pada bulan suci Ramadhan di Masjid Sheikh Zayed. "Ya memang sengaja datang ke sini untuk buka puasa. Ya datangnya agak awal takut tidak kebagian soalnya katanya terbatas," katanya.