Warga Beramai-ramai Shalat Tarawih di Istiqlal Meriahkan Ramadhan

Red: Erdy Nasrul

Kamis 23 Mar 2023 07:03 WIB

Warga memadati Masjid Istiqlal untuk shalat tarawih Ramadhan. Foto: AP Photo/Achmad Ibrahim Warga memadati Masjid Istiqlal untuk shalat tarawih Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jamaah dari berbagai wilayah di Jakarta dan sejumlah daerah lainnya, memadati Masjid Istiqlalpada Shalat Tarawih perdana puasa Ramadhan 1444 Hijriah.

"Sebelumnya saya pernah shalat di sini. Sebetulnya sama saja shalat dimanapun, tapi kebetulan lagi main ke sini makanya shalat di sini," kata Ardian (45), warga asal Bengkulu yang ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (22/3/2023).

Baca Juga

Tidak hanya warga Bengkulu, warga dari daerah yang lain pun juga hadir dalam Shalat Tarawih perdana di Masjid Istiqlal. Seperti Arrijal, warga asal Bandung yang baru pertama kali mengikuti ibadah Shalat Tarawih di masjid yang terletak di Jakarta Pusat tersebut.

Pada Shalat Tarawih perdana jamaah memenuhi ruang ibadah hingga lantai dua masjid. Pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1444Hijriah jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023.

Sebelumnya, Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umardalam konferensi persmenyatakan pihaknya siap menggelar ibadah Shalat Tarawih perdana."Masjid Istiqlal sudah siap untuk menampung seperti sediakala sebelum pandemi COVID-19, kita tidak membatasi," kata Nasaruddin.

Nasaruddin mengatakan bahwa Masjid Istiqlal memiliki kapasitas 250 ribu jamaah, namun untuk sementara hanya 150 ribu yang dapat digunakan sambil melihat situasi dan kondisi ke depan.

"Kapasitas masjid 250 ribu. Tahun ini kita akan berusaha membuka 150 ribu, sisanya yang 100 ribu di selasar belum akan kita gunakan, tapi jika kondisi memungkinkan nanti akan kita gunakan bahkan hingga ke lantai lima," jelasnya.

Selain itu, sejumlah persiapan keamanan dan fasilitas juga telah disiapkan oleh pihak Masjid Istiqlal dalam menyelenggarakan Shalat Tarawih.

"Kami menyiapkan gerbang Al-Fattah untuk jamaah laki-laki serta Al-Qudduus untuk jamaah perempuan. Gerbang As-Salaam juga kita buka partisinya, jadi jamaah tidak perlu memutar," kata Ketua Panitia Ramadhan 1444 H Masjid Istiqlal, Bukhori.Ibadah Shalat Tarawih perdana Ramadhan 1444 H di Masjid Istiqlal dipimpin oleh Imam Al-Hafidz Mudzakkir serta Khotib Nasaruddin Umar berlangsung dengan khidmat dan lancar.

Selain Shalat Tarawih,Panitia Ramadhan Masjid Istiqlalmenggelar lebih dari 20 program kegiatan ibadah selama Ramadhan 1444 Hijriah mulai dari berbuka puasa bersama hingga iktikaf. Kegiatan lainnya seperti Kuliah Subuh, Dialog Zuhur, juga Pelatihan Baca Al-Qur'an termasuk membuka loket pembayaran zakat juga hadir menyemarakkan bulan suci Umat Islam tersebut.