UIN Walisongo Siapkan Empat Teleskop untuk Rukyatul Hilal

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Hafil

 Rabu 22 Mar 2023 14:34 WIB

 UIN Walisongo Siapkan Empat Teleskop untuk Rukyatul Hilal.  Foto: Rukyatul Hilal Foto: ANTARA/Moch Asim/nz UIN Walisongo Siapkan Empat Teleskop untuk Rukyatul Hilal. Foto: Rukyatul...

Empat teleskop disiapkan UIN Walisongo untuk Rukyatul Hilal.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Observatorium dan Planetarium Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang siapkan empat teleskop untuk kegiatan rukyatul hilal Ramadhan 1444 Hijriyah, Rabu (22/3/2023) sore.

Kepala Observatorium dan Planetarium UIN Walisongo, Ahmad Syifaul Anam mengatakan, Tim UIN Walisongo sore ini akan melaksanakan rukyatul hilal di Planetarium dan Observatorium Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.

Baca Juga

"Tim UIN Walisongo, hari ini akan melakukan rukyah bersama dengan tim Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wilayah Jawa Tengah," ungkapnya.

Terkait hal ini, Observatorium dan Planetarium UIN Walisongo telah menyiapkan empat teropong (telskop) bintang untuk pelaksanaan rukyatul hilal ini.

Satu teropong akan dihubungkan dengan dua buah televisi LED layar lebar agar proses rukyatul hilal dapat ditampilkan otentik dalam citra visual.

"Sehingga para rukyah yang tidak sempat menggunakan teropong bisa ikut memantau pengamatan hilal," lanjut Syaiful Anam.

Selebihnya teropong digunakan untuk pengolahan citra hilal.  "Selain itu juga untuk memfasilitasi  institusi terkait yang akan bergabung dalam rukyatul hilal di observatorium dan planetarium UIN Walisongo," jelasnya.

Berita Lainnya