Tip Laris Manis Jualan Hantaran Ramadhan dan Lebaran

Red: Natalia Endah Hapsari

Rabu 22 Mar 2023 16:58 WIB

Seorang perajin menyelesaikan pembuatan hampers. Selama Ramadhan dan Lebaran, biasanya permintaan hampers meningkat dibandingkan hari lain./ilustrasi. Foto: Adiwinata Solihin/ANTARA Seorang perajin menyelesaikan pembuatan hampers. Selama Ramadhan dan Lebaran, biasanya permintaan hampers meningkat dibandingkan hari lain./ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjualan hampers atau bingkisan biasanya meningkat saat Ramadhan. Berdasarkan data periode 2-9 April 2022 di Tokopedia, penjualan hampers naik hampir 2,5 kali lipat dibandingkan minggu sebelumnya. Hal tersebut disebabkan karena perubahan perilaku konsumen yang banyak mengirim hantaran atau hampers di momen spesial ini.

''Ini memang bisa menjadi momen yang tepat bagi pelaku usaha untuk menaikkan penjualan produk hampers. Namun, Tokopedia terus mengimbau penjual untuk membuat produk hampers yang lebih ramah lingkungan,'' ungkap Growth Marketing Senior Lead Tokopedia Maisyalina Agustiana dalam siaran resminya, Rabu.

Baca Juga

Untuk meminimalisasi potensi meningkatnya tumpukan sampah termasuk yang berasal dari produk hampers di periode pra hingga pasca Ramadhan juga mendukung ?Misi Nol Sampah GoTo 2030?, Tokopedia pun menghadirkan gerakan Tokopedia Hijau.

Melalui gerakan ini, Tokopedia mengajak masyarakat serta 12 juta penjual di Tokopedia untuk berperan aktif menerapkan prinsip ramah lingkungan demi memberikan dampak positif bagi lingkungan dan seluruh mitra strategis secara jangka panjang. Berikut tip jualan hampers online yang ramah lingkungan dari Tokopedia juga penjual AngelFin dan Mendekor.

 1. Gunakan kemasan ramah lingkungan sesuai prinsip 4R.

Kemasan ramah lingkungan adalah kemasan yang menerapkan prinsip 4R yakni reduce (mengurangi sampah), reuse (bisa digunakan berulang kali), repurporse (bisa dipakai kembali untuk tujuan lain) dan recycle (bisa didaur ulang). Sehingga, penjual pun dapat menggunakan kemasan-kemasan seperti toples kaca untuk kue kering, atau paper bubble wrap dan kertas cacah untuk barang pecah belah.

 

2. Ajak pembeli mendaur ulang hampers ramah lingkungan

Selipkan kartu ucapan atau catatan kecil yang berisi imbauan bagi pembeli untuk mendaur ulang atau memanfaatkan kembali kemasan dari hampers yang diterima. Dengan hal tersebut, penjual pun juga dapat mengedukasi masyarakat agar turut peduli terhadap lingkungan.

 

3. Permudah pembeli cari hampers ramah lingkungan dengan fitur beriklan

Agar masyarakat cenderung memilih hampers ramah lingkungan, penjual pun dapat mengiklankan produk tersebut dengan fitur beriklan. Dengan demikian, masyarakat pun dapat dengan mudah menemukan produk tersebut. ''Agar hampers ramah lingkungan yang dijual dapat tampil teratas di halaman Tokopedia, gunakan fitur beriklan otomatis TopAds. Cukup dengan modal kecil mulai dari Rp 250 per klik, penjual bisa menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan,'' ucap Maisyalina.

 

4. Pelajari tips jualan daring hampers Ramadhan lewat modul gratis

Untuk menjual produk hampers Ramadhan yang ramah lingkungan, penjual pun perlu mempelajari terlebih dulu tips berjualan hampers ramah lingkungan secara daring.