Muslim di Greenland Puasa 20 Jam, Negara Mana yang Tersingkat?

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 22 Mar 2023 07:55 WIB

Orang-orang berbelanja dekorasi untuk bulan suci Ramadhan, di pasar tradisional al-Zawya di Kota Gaza, Kamis, 31 Maret 2022. Muslim di Greenland Puasa 20 Jam, Negara Mana yang Tersingkat? Foto: AP/Adel Hana Orang-orang berbelanja dekorasi untuk bulan suci Ramadhan, di pasar tradisional al-Zawya di Kota Gaza, Kamis, 31 Maret 2022. Muslim di Greenland Puasa 20 Jam, Negara Mana yang Tersingkat?

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Bagi umat Islam di seluruh dunia, datangnya bulan suci Ramadhan merupakan sebuah perayaan sekaligus sarana menunaikan salah satu rukun Islam, yaitu puasa Ramadhan. Lamanya durasi puasa dari satu negara ke negara lain berbeda-beda.

Umumnya jutaan umat Islam akan melangsungkan puasa antara 12 jam hingga 17 jam. Namun, ada juga yang harus berpuasa selama 20 jam seperti umat Muslim di Nuuk, Greenland yang memiliki waktu puasa terlama di dunia.  

Baca Juga

Berikut ini lamanya durasi puasa Ramadhan 1444 H di berbagai negara, dilansir dari About Islam, Selasa (21/3/2023).

  • Muslim di Olso akan berpuasa hingga 16 jam 26 menit
  • Muslim di Norwegia akan berpuasa hingga 16 jam 26 menit
  • Muslim di London akan berpuasa hingga 14 jam 55 menit
  • Muslim di Istanbul akan berpuasa hingga 14 jam 3 menit
  • Muslim di Paris akan berpuasa hingga 14 jam 19 menit
  • Muslim di New York akan berpuasa hingga 14 jam 11 menit
  • Muslim di Lahore akan berpuasa hingga 14 jam 1 menit
  • Muslim di Macca akan berpuasa hingga 13 jam 44 menit
  • Muslim di Kuala Lumpur akan berpuasa hingga 13 jam 18 menit
  • Muslim di Dar es Salaam akan berpuasa hingga 13 jam 1 menit
  • Muslim di Melbourne akan berpuasa hingga 12 jam 55 menit

Kemudian kota-kota lain seperti Ottawa di Kanada, Lisbon (Portugal), Athena (Yunani), Beijing (China), Washington DC (AS), Pyongyang (Korea Utara), dan Ankara (Turki) juga memiliki durasi puasa selama 15 hingga 16 jam.

Setiap tahun, tahun Hijriyah tiba 11 hari lebih awal sehubungan dengan Kalender Masehi matahari. Pergeseran tahunan ini memaksa bulan suci Ramadhan ke -9 Hijriyah untuk berpindah musim dalam siklus 33 tahun.

Di bulan Ramadhan, Muslim dewasa, kecuali yang sakit dan yang bepergian diwajibkan berpuasa dengan tidak makan, minum, merokok, dan berhubungan seks sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Muslim mendedikasikan waktu mereka selama bulan suci untuk menjadi lebih dekat dengan Allah dengan memperbanyak ibadah, pengendalian diri dan beramal saleh. Termasuk semakin banyak umat Islam yang memeriahkan Ramadhan dengan berlomba-lomba mengkhatamkan Alquran. Kemudian pada 10 hari terakhir Ramadhan, masjid-masjid akan diramaikan dengan banyaknya Muslim yang akan melakukan itikaf (berdiam diri di masjid).