Pasar Sahur Masjid Jogokariyan Penuhi Kebutuhan Warga dan Jamaah Selama Ramadhan

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Muhammad Hafil

Selasa 21 Mar 2023 18:51 WIB

 Pasar Sahur Masjid Jogokariyan Penuhi Kebutuhan Warga dan Jamaah Selama Ramadhan. Foto:  Masjid Jogokariyan, Yogyakarta, Senin (20/3/2023). Masjid Jogokariyan menjadi salah satu tujuan umat Muslim untuk berbuka puasa. Selama Ramadhan sekitar tiga ribu porsi makanan disediakan dan gratis untuk jamaah berbuka puasa. Selain itu, juga ada pasar takjil di sepanjang Jalan Jogokariyan. Foto: Republika/Wihdan Hidayat Pasar Sahur Masjid Jogokariyan Penuhi Kebutuhan Warga dan Jamaah Selama Ramadhan. Foto: Masjid Jogokariyan, Yogyakarta, Senin (20/3/2023). Masjid Jogokariyan menjadi salah satu tujuan umat Muslim untuk berbuka puasa. Selama Ramadhan sekitar tiga ribu porsi makanan disediakan dan gratis untuk jamaah berbuka puasa. Selain itu, juga ada pasar takjil di sepanjang Jalan Jogokariyan.

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Pasar sahur dihadirkan di Masjid Jogokariyan, Kota Yogyakarta pada Ramadhan 2023 ini. Pasar sahur tersebut dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang melaksanakan sahur selama Bulan Ramadhan.

Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokariyan, Ustaz Muhammad Jazir mengatakan, pasar sahur ini baru diadakan di Ramadhan 2023 ini. Sebelumnya, hanya diadakan pasar sore yang dibuka menjelang buka puasa, yang mana pasar sore tersebut juga masih dihadirkan di Ramadhan tahun ini.

Baca Juga

"Tahun ini ada yang baru, pasar sahur. Jadi mulai malam pertama Ramadhan, kita sudah menyelenggarakan pasar sahur mulai jam 02.00 WIB (dini hari) di sekitar Masjid," kata Jazir kepada Republika belum lama ini.

Pasar sahur ini dibuka seperti halnya pasar sore di Masjid Jogokariyan. Pasar subuh menyediakan berbagai menu untuk sahur bagi masyarakat, termasuk jamaah yang menjalankan i'tikaf di Masjid Jogokariyan.

"Menyediakan bagi yang mau sahur, ada lauk pauk, nasi untuk orang yang akan sahur, tidak hanya yang mau (sahur) di masjid saja, tapi mereka yang mau belanja untuk kepentingan sahur di rumah mereka. Kita buka seperti pasar sore, tapi di waktu sahur," ujar Jazir.

Pihaknya berinisiatif untuk menyelenggarakan pasar sahur ini mengingat banyaknya jamaah yang beri'tikaf di masjid pada saat Ramadhan. Bahkan, jamaah yang melakukan i'tikaf di Masjid Jogokariyan berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

"Supaya mereka mudah bisa mendapatkan makanan sahur, maka mulai tahun ini kita berikan layanan dalam bentuk penyediaan makan sahur berupa pasar sahur bagi mereka yang ingin sejak awal Ramadhan mau i'tikaf secara mandiri di Masjid Jogokariyan," jelasnya.

Di tahun-tahun sebelumnya, pasar sahur ini tidak diadakan karena adanya keterbatasan dalam menyiapkan layanan ini. Sebab, berbagai kegiatan lainnya juga digelar di Masjid Jogokariyan selama Bulan Ramadhan, sehingga pasar sahur ini belum dapat diadakan di tahun-tahun lalu.

"Banyak sekali orang dari berbagai daerah yang ingin beri'tikaf di Masjid Jogokariyan, tetapi panitia kan kemampuan untuk melayani dan menyiapkan menu sahur terbatas, jadi mereka beri'tikaf secara mandiri (di tahun-tahun sebelumnya)," jelas Jazir.

Selama Ramadhan 2023 ini, Masjid Jogokariyan kembali mengadakan berbagai kegiatan dalam 'Kampoeng Ramadhan Jogokariyan'. Selain pasar sahur dan pasar sore, di Kampoeng Ramadhan Jogokariyan juga diadakan kegiatan buka puasa bersama tiap hari selama Ramadhan.

Buka puasa tersebut dilakukan dengan menyediakan 3.500 porsi makanan/takjil per harinya. Masjid Jogokariyan juga membuka donasi untuk berbagi ribuan porsi makanan selama Ramadhan.

Donasi dapat dilakukan masyarakat dari Rp 15 ribu, yang merupakan harga satu porsi makanan/takjil. Bagi masyarakat yang ingin berdonasi, dapat melalui http://bit.ly.bukapuasajogokariyan atau dapat berdonasi ke Rekening Buka Puasa Ramadhan melalui BSI dengan nomor rekening 7196601966.

"Kegiatan selama Ramadhan, mulai dari ibadah Ramadhan, ada kegiatan buka puasa yang kita sediakan 3.500 piring per hari dari hari pertama sampai hari terakhir, pasar sore, kegiatan tarawih, kemudian subuh dan juga diskusi-diskusi tematik," tambahnya.