Nuansa 1001 Malam Ramaikan Taman Safari Bogor Selama Ramadhan

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Nora Azizah

Selasa 21 Mar 2023 07:29 WIB

Taman Safari Bogor menyajikan hidangan khas Arab untuk buka puasa selama Ramadhan 1444 Hijriah, dan menampilkan show Aladdin-Jasmine dengan tema 1001 Malam. Foto: Republika/Shabrina Zakaria Taman Safari Bogor menyajikan hidangan khas Arab untuk buka puasa selama Ramadhan 1444 Hijriah, dan menampilkan show Aladdin-Jasmine dengan tema 1001 Malam.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Taman Safari Bogor menyajikan sejumlah menu hidangan khas Arab, untuk buka puasa selama Ramadhan 1444 Hijriah tahun 2023. Hidangan khas Arab ini akan disajikan di Rain Forest Restaurant, dengan sistem All You Can Eat.

General Manager (GM) Taman Safari Bogor, Emeraldo Parengkuan, mengatakan tahun ini pihaknya memilih tema 1001 Malam sehingga makanan yang disajikan merupakan makanan khas Arab atau Timur Tengah.

Baca Juga

Emeraldo menyebutkan, beberapa menu khas Arab yang disajikan di buffet Rain Forest Restaurant ialah martabak mesir, nasi kebuli, salad arab, ayam ciri khas Timur Tengah, dan kudapan khas Timur Tengah yakni umm ali.

“Selama bulan Ramadhan kita akan tampilkan show khusus dengan ciri khas Arab, lalu ada buffet untuk buka puasa di Rain Forest Restaurant seharga Rp 99 ribu All You Can Eat, menampilkan beberapa hidangan ciri khas Middle East (Timur Tengah) dan oriental,” kata Emeraldo kepada awak media, Senin (20/3/2023).

Tidak hanya menyajikan hidangan khas Arab, lanjut dia, Taman Safari Bogor juga akan menampilkan show atau penampilan ala Timur Tengah. Dimana show tersebut akan ditampilkan setiap hari menjelang buka puasa.

Dengan dipilihnya tema 1001 Malam ini, Emeraldo berharap ada peningkatan pengunjung selama bulan Ramadhan dari tahun sebelumnya. Tidak hanya melalui restoran, tapi juga melalui show-nya.

“Kita harapkan ada peningkatan, karena tahun lalu kita nggak buat sama sekali. Kita harapkan ada peningkatan 50 sampai 60 persen. Jumlahnya kami nggak bisa hitung secara itu (rinci),” tuturnya.

Manager Rest Forest Restaurant Taman Safari Bogor, Indra Hassanudinc menjelaskan salad arab dan nasi kebuli merupakan kuliner khas Timur Tengah yang banyak diminati masyarakat Asia, khususnya masyarakat Indonesia.

“Salad Arab adalah salah satu dari berbagai hidangan salad yang merupakan bagian dari masakan Arab . Menggabungkan banyak buah dan bumbu yang berbeda, dan sering disajikan sebagai bagian dari mezze,” ujarnya.

Sementara untuk nasi kebuli, Indra menjelaskan, ciri khas utamanya yakni memiliki rasa dan aroma seperti kari dan aroma Kapulaga yang terasa lebih menonjol. Nasi kebuli sendiri menurutnya hampir mirip dengan nasi briyani, namun tidak memiliki rasa pedas.

“Jadi Menu ini kita keluarkan karena berhubungan dengan Ramadan 2023 yang berkaitan dengan tema yang kita keluarkan yaitu Aladin 1001 Malam,” kata Indra.