Tips Mempersiapkan Diri Menyambut Ramadhan Bagi Perempuan

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 21 Mar 2023 07:15 WIB

Seorang wanita Muslim berbuka puasa saat matahari terbenam, selama bulan suci puasa Ramadhan di sepanjang kawasan pejalan kaki tepi laut di Beirut, Lebanon, Kamis, 15 April 2021. Tips Mempersiapkan Diri Menyambut Ramadhan Bagi Perempuan Foto: AP/Hassan Ammar Seorang wanita Muslim berbuka puasa saat matahari terbenam, selama bulan suci puasa Ramadhan di sepanjang kawasan pejalan kaki tepi laut di Beirut, Lebanon, Kamis, 15 April 2021. Tips Mempersiapkan Diri Menyambut Ramadhan Bagi Perempuan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hanya tersisa beberapa hari lagi menuju bulan suci Ramadhan 2023. Tentunya ada banyak target-target yang ingin dicapai, yang lebih baik lagi pada Ramadhan tahun ini.

Untuk melakukan banyak hal dengan hasil maksimal, tentu saja satu yang harus dipatuhi adalah manajemen waktu, karena niat saja tidak cukup untuk menyelesaikan beban dan tugas yang lebih banyak. Karenanya, mencapai apa yang diinginkan di bulan Ramadhan sangat terkait dengan manajemen waktu dan rencana yang realistis.

Baca Juga

Setiap kali Ramadhan datang, sebagai seorang perempuan akan memiliki lebih banyak tugas, terutama jika mereka adalah wanita bekerja. Namun peluang akan tetap selalu ada jika mereka mampu mengatur dan mengkoordinasikan keragaman kegiatan hanya dalam satu bulan itu dengan keluarga di rumah.

Manajemen waktu bukan hanya bagaimana Anda mengatur waktu di bulan Ramadhan, tetapi juga bagaimana mengatur pengurangan tugas dan kewajiban selama bulan suci. Dilansir dari About Islam pada Rabu (8/3/2023), setiap orang memiliki prioritas, kemampuan, dan keadaan yang berbeda. Namun, Anda dapat menyesuaikan tips berikut ini dengan gaya hidup Anda.

Tips Mempersiapkan Diri Menyambut Ramadhan Bagi Perempuan

Memohon kepada Allah

Memohonlah pada Allah agar memberikan waktu yang berkah di sepanjang Ramadhan

Tidak berekspektasi tinggi pada diri sendiri

Anda bukan wanita super yang mampu melakukan semua hal dengan tepat dan sempurna. Jadi buatlah hal yang lebih realitis sesuai kemampuan, keadaan dan tanggung jawab.

Sederhanakan

Jangan membuat daftar makanan yang berlebihan setiap hari saat buka puasa. Pastikan saja makanan yang cukup bergizi dan memiliki semua elemen yang diperlukan.