JakCloth Ramadan akan Digelar di 13 Kota

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Lida Puspaningtyas

Senin 20 Mar 2023 23:41 WIB

Pengunjung memilih busana yang dijual pada JakCloth Lebaran 2022 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Ahad (24/4/2022). Acara yang akan berlansung hingga 30 April 2022 itu menampilkan ratusan brand pakaian, kaos, sepatu, tas dan lainnya yang menjual produknya dengan harga diskon guna menarik minat masyarakat. Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay Pengunjung memilih busana yang dijual pada JakCloth Lebaran 2022 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Ahad (24/4/2022). Acara yang akan berlansung hingga 30 April 2022 itu menampilkan ratusan brand pakaian, kaos, sepatu, tas dan lainnya yang menjual produknya dengan harga diskon guna menarik minat masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak lama lagi agenda fesyen tahunan JakCloth akan digelar. Founder JakCloth, Ucok Nasution, mengatakan, kegiatan tahun ini terasa spesial karena akan digelar selama sebulan selama Ramadan di 13 kota besar di Indonesia. Untuk yang dilaksanakan di Jakarta, JakCloth bekerja sama dengan Muslim Market Indonesia untuk menghadirkan kebutuhan fesyen keluarga.

"Yang spesial dari event Ramadan tahun ini di Jakarta, khususnya. Kami berlokasi di JCC dan kami bekerja sama dengan Dream dam Muslim Market Indonesia sebagai upaya kami mengakomodir semua kebutuhan setiap pengunjung yang hadir di JCC nanti," jelas Ucok dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (20/3/2023).

Baca Juga

Dengan kerja sama tersebut, pihaknya berupaya untuk memperluas segmen acara. JakCloth, kata dia, kini bukan hanya milik kaum muda saja, tapi juga milik semua lapisan usia. Ratusan merek fesyen lokal yang dihadirkan tidak terfokus pada kebutuhan laki-laki saja, melainkan juga pada semua anggota keluarga.

"Jadi baik laki-laki, perempuan, dari usia anak-anak hingga orang tua semua cukup datang ke JCC pada 5-11 April 2023 ini," jelas Ucok.

Ucok menjelaskan, JakCloth Tour Ramadan akan dibagi ke tiga gelombang. Gelombang pertama acara yang akan menghadirkan banyak diskon dari merek-merek fesyen lokal itu digelar pada 25 Maret-2 April 2023 di City Walk, Kota Cikarang, Jawa Barat. Kemudian di Mardigrass Cikupa, Banten. Lalu di Halaman GOR Agus Salim, Kota Padang, Sumatera Barat, dan disusul dengan acara di DOME BSCC, Kalimantan.

Kemudian gelombang kedua jatuh pada 5-11 April 2023. JakCloth akan menyambangi Jakarta, Surabaya, dan Lampung pada gelombang kedua ini. Sedangkan gelombang ketiga akan digelar pada 13-19 April 2023. Gelombang terakhir ini Ucok sebut akan menjadi pusat sales di bulan Ramadan.

"Bicara soal target pengunjung tahun ini, diharapkan menyentuh angka 1,5 juta pengunjung. Kita harap pengunjung bisa kembali normal seperti tahun-tahu  sebelum pandemi," kata dia.

Acara yang sudah berlangsung selama belasan tahun terakhir ini akan menjadi acara terakhir dengan Ucok turut berperan aktif berkontribusi di dalamnya. Setelah 14 tahun, Ucok memutuskan untuk meninggalkan acara JakCloth untuk kemudian fokus di industri ritel JakCloth, seperti JakCloth Store yang tersebar di beberapa kota.

"Ini menjadi 'the last dance' saya berkecimpung di industri event JakCloth. Intinya Ramadan ini menjadi event perpisahan saya dengan event yang sudah saya besarkan bersama teman-teman tim," jelas Ucok.