Kemenpar Bocorkan Bakal Banyak Promo Ramadhan dan Lebaran

Red: Lida Puspaningtyas

Senin 20 Mar 2023 23:15 WIB

Penumpang saat akan menaiki bis di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Rabu (21/12/2022). Foto: Republika/Thoudy Badai Penumpang saat akan menaiki bis di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Rabu (21/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya bakal menggenjot promosi berupa diskon tiket pesawat, promo untuk kamar hotel, hingga diskon paket desa wisata jelang Ramadhan dan mudik Lebaran 1444 H.

"Kita segera pastikan mudik Lebaran agar pergerakan yang mencapai 120 juta pergerakan ini bisa dimaksimalkan untuk kebangkitan pariwisata kita, dan kita akan genjot promosinya dengan memberikan diskon tiket pesawat, promo untuk kamar hotel dan diskon untuk paket-paket desa wisata," ujar Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin (20/3/2023).

Baca Juga

Pihaknya bakal mengupayakannya dengan melakukan kolaborasi dengan mitra, sehingga desa wisata yang tersebar di berbagai jalur-jalur yang dilintasi pemudik di Pulau Jawa dapat dikunjungi dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

"Misalnya jalur lintas selatan, kita bisa ke Pujon Kidul, di Kabupaten Malang dan desa wisata taman sari di Banyuwangi," imbuhnya.

Selain itu, pihaknya mengungkapkan terdapat sejumlah paket wisata nusantara (Pak Wisnu) dengan program Beli Kreatif Desa Wisata (Beti Dewi) melalui platform daring.

Lebih lanjut, Sandiaga menuturkan, dalam pekan ini pemerintah telah menetapkan dua hari libur nasional yaitu Hari Raya Nyepi dan hari pertama memasuki bulan suci Ramadhan yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk berwisata di Indonesia saja.

"Kita akan ada dua hari libur nasional yaitu Nyepi dan memasuki hari pertama bulan suci Ramadhan, dan itu ada cuti bersama. Saya mengajak masyarakat Indonesia untuk berwisata di Indonesia saja," katanya.