Kamis 16 Mar 2023 08:04 WIB

Gubernur Sugianto Ajak Masyarakat Bersinergi Kembangkan Pariwisata Kalteng

Festival Tambun Bungai diyakini akan tingkatkan kunjungan wisatawan ke Kalteng

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran buka Festival Tambun Bungai, yang berlokasi di Stadion Sanaman Mantikei Palangka Raya, Rabu (15/3/2023). Kegiatan ini juga dirangkai dengan Launching Calender of Event, Kick Off Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) serta Soft Launching UCI MTB World Cup Tahun 2023.
Foto: Dok Pemprov Kalteng
Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran buka Festival Tambun Bungai, yang berlokasi di Stadion Sanaman Mantikei Palangka Raya, Rabu (15/3/2023). Kegiatan ini juga dirangkai dengan Launching Calender of Event, Kick Off Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) serta Soft Launching UCI MTB World Cup Tahun 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKARAYA -- Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran buka Festival Tambun Bungai, yang berlokasi di Stadion Sanaman Mantikei Palangka Raya, Rabu (15/3/2023). Kegiatan ini juga dirangkai dengan Launching Calender of Event, Kick Off Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) serta Soft Launching UCI MTB World Cup Tahun 2023.

Gubernur Sugianto Sabran dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan momentum strategis guna memulihkan perekonomian pasca pandemi COVID-19 yang melanda. Sehingga dapat menjadi pemicu dan pemacu semangat dalam upaya membangun dan mengembangkan kebudayaan dan pariwisata di Kalteng.

"Sebagai Provinsi terluas di Indonesia, Kalimantan Tengah memiliki potensi wisata yang cukup besar dan sangat menjanjikan," kata Gubernur. 

Lebih lanjut Gubernur menambahkan, kegiatan Festival Tambun Bungai ini merupakan salah satu kunci penting untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara dan memajukan UMKM lokal yang ada di Kalteng. "Saya yakin Kalimantan Tengah akan menjadi destinasi pariwisata mancanegara," ucap Gubernur. 

Gubernur mengungkapkan UMKM menjadi penggerak ekonomi Indonesia, khususnya di Kalteng. "Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berkolaborasi, bahu-membahu, bekerja sama, dan bersinergi dalam mengembangkan kebudayaan pariwisata di Kalimantan Tengah," pungkasnya. 

photo
Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran buka Festival Tambun Bungai, yang berlokasi di Stadion Sanaman Mantikei Palangka Raya, Rabu (15/3/2023). Turut hadir Ketua TP PKK Prov Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Prov. Kalteng Hj. Nunu Andriani Edy Pratowo, Ketua DPRD Prov. Kalteng Wiyatno, Unsur Forkopimda Prov. Kalteng, Bupati/Wali Kota se-Kalteng, serta Kepala Instansi Vertikal dan Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng. - (Dok Pemprov Kalteng)

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Prov Kalteng H Nuryakin menyampaikan kegiatan festival ini bertujuan untuk menggerakkan masyarakat agar bangga membeli dan menggunakan produk dalam negeri. "Event ini juga mendorong para pelaku UMKM agar bisa lebih maju dalam mengembangkan usahanya sekaligus mendorong UMKM untuk go digital," sebutnya. 

Sebagai informasi, acara Festival Tambun Bungai yang dilaksanakan selama lima hari pada tanggal 15---19 Maret 2023 ini, diisi berbagai macam lomba, seperti lomba tari kreasi daerah, fashion show, lomba bakesah, lomba foto dan vlog, serta benang bintik festival. Selain itu juga dimeriahkan dengan stand bazar UMKM dan ekonomi kreatif sebanyak 69 stand. 

Turut hadir Ketua TP PKK Prov Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Prov. Kalteng Hj. Nunu Andriani Edy Pratowo, Ketua DPRD Prov. Kalteng Wiyatno, Unsur Forkopimda Prov. Kalteng, Bupati/Wali Kota se-Kalteng, serta Kepala Instansi Vertikal dan Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement