BMH Gelar Aksi Bersih-Bersih dari Mushola Kampung Mualaf Bengkayang Hingga Yogyakarta

Red: Agung Sasongko

Sabtu 18 Mar 2023 14:37 WIB

Tim Laznas BMH melaksanakan kegiatan bersih-bersih masjid di Masjid Hidayatul Muhtadin Pesantren YABIS Takhassus Alquran Sajau, Jalan Mahakam RT 12 RW 02 Desa Wonomulyo, Kabupaten  Bulungan,  Kalimantan Utara, Kamis (9/3/2023). Foto: DOK BMH Tim Laznas BMH melaksanakan kegiatan bersih-bersih masjid di Masjid Hidayatul Muhtadin Pesantren YABIS Takhassus Alquran Sajau, Jalan Mahakam RT 12 RW 02 Desa Wonomulyo, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Kamis (9/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H, Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Yogyakarta bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) melaksanakan program  Bersih-Bersih Masjid dan Mushala. Ada sejumlah lokasi yang menjadi sasaran bersih-bersih tersebut.

Di Yogyakarta, tepatnya Mushala Al-Amin yang berlokasi di Dusun Pedak, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, tim BMH mengelar bersih-bersih pada Mushala yang dulunya sebagai masjid kampung tersebut berdiri sejak tahun 1985 Dalam aksi bersih-bersih tersebut, BMH Yogyakarta melakukan beberapa kegiatan, di  antaranya bersih-bersih ruangan utama yang digunakan untuk shalat, kamar mandi, tempat wudhu, pengecatan, dan laundry karpet. Syai’in Kodir selaku kepala Divisi Program mengungkapkan, hal tersebut dilakukan secara gotong royong dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Baca Juga

photo

Laznas BMH Yogyakarta bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) melaksanakan program Bersih-Bersih Masjid dan Mushala di Mushala Al-Amin, Dusun Pedak, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Jumat (10/3/23). - (DOK BMH)

“Hari ini BMH Yogyakarta lakukan bersih-bersih masjid. Alhamdulillah program berjalan dengan lancer atas sinergi dari berbagai pihak terutama dari BSI dan dukungan dari para donator. Semoga dengan dilaksanakannya bersih-bersih masjid ini masyarakat bisa beribadah di  bulan Ramadhan lebih optimal,” ungkap Syai’in, Jumat (10/3/2023).

“Selain bersih-bersih masjid, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H BMH Yogyakarta juga ada program lain, yaitu Tebar Sembako untuk Dhuafa, Tebar Alquran untuk Masjid dan Mushola, Tarhib Ramadhan dan Sehat Sambut Ramadhan,” tambahnya.

Sementara itu, Eko Sastro Yuwono selaku ketua takmir Mushala Al-Amin merasa senang dan menyampaikan terima kasih kepada tim bersih-bersih Laznas BMH. “Kami mewakili warga dan juga jamaah Mushala Al-Amin Pedak menyampaikan terima kasih kepada teman-teman dari BMH Yogyakarta. Semoga Allah memberikan keberkahan dan membalas dengan kebaikan yang lebih baik kepada semuanya yang ikut terlibat," ungkap bapak empat  anak tersebut.

photo
Laznas BMH bersama BSI Maslahat melaksanakan program bersih-bersih masjid (BBM) di Mushala As Syifa, Dusun Mabak, Desa Tiga Berkat, Kecamatan Lumar, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. - (DOK BMH)

Aksi bersih-bersih berlanjut di Mushala As Syifa, yang berada di Dusun Mabak, Desa Tiga Berkat, Kecamatan Lumar, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. “Alhamdulillah hari ini tim BMH bersama takmir mushala dapat  menggelar aksi di lokasi. Beberapa hari lalu, akses jalan sempat terputus karena air sungai meluap.  Untuk sampai ke titik lokasi,  tim harus menempuh perjalanan 20 km. Jika tidak hujan, perjalanan sekitar satu jam menggunakan kendaraan mobil melalui jalan darat dari Kota Bengkayang," terang Kepala Divisi Program dan Pendayagunaan BMH Perwakilan Kalimantan Barat, Anton Tri Maryanto, Selasa (7/3/2023).

Mushala As Syifa  berdiri sejak tiga  tahun silam. Mushala itu berada di kawasan kampung mualaf,  binaan Ustad Ali Imron, dai tangguh BMH yang bertugas di Bengkayang. Secara rutin, Ustadz Ali Imron membina masyarakat melalui pengajian di malam Jumat dan TPQ untuk anak-anak.   Selain itu,  BMH juga menyerahkan bantuan karpet masjid dan mukena. Ketua Takmir Mushala As Syifa, Ustadz Zulhadi  mewakili jamaah dan masyarakat sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh BMH dan BSI Maslahat ini.

"Kami atas nama warga di Dusun Mabak, Desa Tiga Berkat sangat berterima kasih kepada BMH dan BSI Maslahat yang telah sudi mau datang jauh-jauh ke  mari untuk memberikan dukungan sehingga mushala kami bersih dan berwarna.  Semoga Allah memberikan keberkahan dan membalas dengan kebaikan yang lebih baik kepada semuanya yang ikut terlibat," ungkapnya.

Terbaru, di Masjid Hidayatul Muhtadin Pesantren YABIS Takhassus Alquran Sajau, Jalan Mahakam RT 12 RW 02 Desa Wonomulyo,  Kecamatan  Tanjung Palas Timur,  Kabupaten  Bulungan,  Kalimantan Utara "Alhamdulillah,  selain aksi bersih-bersih masjid, kami tim BMH juga menyalurkan beras untuk santri dan menggelar Tarhib Ramadhan," terang Koordinator BMH Gerai Bulungan, Amin Umar, Kamis (9/3/2023).

"Koordinator Dai Tangguh Kaltara Ustadz Irsan Sulaiman sebagai pemateri dalam kegiatan Tarhib Ramadhan, memberikan motivasi kepada jamaah dan santri untuk berbahagia dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan," imbuh Amin. H. Abd Rauf Aras, selaku pengurus pondok sangat bahagia dengan kedatangan tim dari Laznas BMH dalam aksi kebaikan yang mulia.

“Alhamdulillah kami sampaikan terima kasih kepada tim BMH dalam kegiatan hari ini dan juga kebaikan dari kaum Muslimin. Sehingga, terpancar wajah ceria dari adik-adik santri penuh semangat dalam menyambut Ramadhan. Semoga kita semua senantiasa istiqamah dalam bingkaian kebaikan,” ujar H. Rauf.