Sabtu 18 Mar 2023 09:00 WIB

Tips Merawat Kulit Tetap Sehat Selama Berpuasa

Kondisi kulit pada saat berpuasa memang cenderung sangat kering.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Pria juga membutuhkan perawatan agar kulitnya sehat dan bercahaya (glowing). (ilustrasi). Tips Merawat Kulit Tetap Sehat Selama Berpuasa
Foto: www.freepik.com.
Pria juga membutuhkan perawatan agar kulitnya sehat dan bercahaya (glowing). (ilustrasi). Tips Merawat Kulit Tetap Sehat Selama Berpuasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kondisi kulit pada saat berpuasa memang cenderung sangat kering. Bahkan saking keringnya, kerap menyebabkan kulit menjadi radang, pecah-pecah hingga timbul rasa gatal.

Menurut dokter spesialis kult dan kelamin dari RS Universitas Airlangga Surabaya Irmadita Citrasanty, masalah ini memang masalah umum pada saat tubuh sedang berpuasa. Hal ini akibat kurangnya asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. 

Baca Juga

“Asupan cairan itu pasti kurang ya pada saat kita berpuasa, harusnya minum bisa optimal dua liter per hari tapi karena asupan cairan berkurang kulit juga menjadi lebih kering,” kata Irma dalam acara webinar ‘Tetap Sehat, Cantik dan Bugar pada saat Berpuasa’ yang digelar ICMI, Jumat (17/3/2023).

Karena bagaimana pun, menurut Irma, untuk menjaga hidrasi kulit tidak cukup hanya dengan memberikan pelembab dari luar, tapi juga harus memenuhi asupan nutrisi dari dalam tubuh. 

“Kenapa asupan cairan ini tetap harus dipenuhi selama berpuasa? Karena kulit yang kering itu akan mudah timbul masalah, mudah timbul gatal, mudah kusam, mudah sekali teriritasi, dan terlihat tidak sehat,” kata dokter di RSUD Soetomo Surabaya ini.

Namun, tidak perlu khawatir tentang masalah kulit ini selama kita bisa menjaga asupan cairan. Irma juga membagikan tips untuk menjaga kesehatan kulit selama puasa Ramadhan.

Tips Merawat Kulit Tetap Sehat...

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement