Selama Ramadhan, Kota Padang Kembali Disemarakkan Pasar Pabukoan

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil

Kamis 16 Mar 2023 19:00 WIB

Pedagang nasi Padang melayani pembeli di Pasar Pabukoan Padang, Sumatera Barat, Senin (4/4/2022). Pemkot Padang kembali membuka pasar pabukoan (takjil) yang menyediakan menu untuk berbuka puasa setelah dua tahun terakhir ditiadakan akibat pandemi COVID-19. Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra/tom. Pedagang nasi Padang melayani pembeli di Pasar Pabukoan Padang, Sumatera Barat, Senin (4/4/2022). Pemkot Padang kembali membuka pasar pabukoan (takjil) yang menyediakan menu untuk berbuka puasa setelah dua tahun terakhir ditiadakan akibat pandemi COVID-19.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG--Pasar Pabukoan (pasar kaget aneka takjil) akan kembali menghiasi beberapa sisi Kota Padang selama Ramadhan 1444 H. Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Syahendri Barkah, mengatakan pasar pabukoan termasuk salah satu cara untuk memulihkan ekonomi masyarakat pasca tiga tahun pandemi covid-19.

“Seperti tahun lalu, Ramadhan tahun ini kita kembali mengadakan pasar pabukoan," kata Syahendri, Rabu (15/3/2023).

Baca Juga

Pasar Pabukoan yang dikelola oleh Pemko Padang menurut Syahendri dilaksanakan di lapangan parkir Imam Bonjol Padang. Lokasi ini dipilih karena kawasannya yang luas dan mudah dijangkau oleh masyarakat.

Namun nanti juga akan ada pasar pabukoan yang dibuat oleh kelompok masyarakat. Seperti di Pasar satelit Nanggalo, Pasar Lubuk Buaya, Pasar Alai, Pasar Ulak Karang dan beberapa lainnya.

Pasar pabukoan ini akan mulai dibuka pada awal puasa dan bakal diramaikan oleh puluhan pedagang yang akan menjual berbagai jenis makanan dan minuman untuk menu berbuka.

“Insya Allah, pasar pabukoan ini akan dibuka oleh bapak Wali Kota Padang Hendri Septa. Semoga dengan adanya pasar pabukoan ini ekonomi masyarakat kembali menggeliat,”  ujar Syahendri.