Dokter Sarankan tak Eksfoliasi Wajah Ketika Puasa, Ini Alasannya

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti

 Rabu 15 Mar 2023 18:01 WIB

Eksfoliasi kulit (ilustrasi). Dokter menyarankan untuk menghindari eksfoliasi ketika puasa Ramadhan. Foto: www.freepik.com Eksfoliasi kulit (ilustrasi). Dokter menyarankan untuk menghindari eksfoliasi ketika puasa...

Jangan melakukan eksfoliasi kulit meskipun berubah menjadi kusam ketika puasa.

REPUBLIKA.CO.ID. JAKARTA -- Ada beberapa skincare yang perlu dihindari atau dikurangi selama Ramadhan. Dokter spesialis dermatologi Venereologi Estetika, dr Suksmagita Pratidina, menganjurkan untuk menghindari atau mengurangi eksfoliasi apabila kulit menjadi kusam ketika puasa.

Menurut dia, kulit kusam selama puasa bisa jadi disebabkan oleh kondisi dehidrasi bukan kulit mati. Karena itu, daripada melakukan eksfoliasi, lebih baik Anda memakai pelembap.

Baca Juga

Dr Gita menyebut, Anda perlu menghindari atau mengurangi skincare berkonsentrasi tinggi yang bisa menyebabkan iritasi. Dia menyarankan untuk menggunakan skincare yang secara formula lebih gentle sehingga akan membuat kulit lebih tenang.

Anda juga harus menghindari perawatan yang membutuhkan downtime atau masa pemulihan yang lama. "Karena jika masa pemulihannya lama, tentu akan mengganggu ibadah puasa," kata dr Gita, Rabu (15/3/2023).

Agar kulit terlihat sehat selama bulan Ramadhan, Anda perlu menjaga asupan makan yang lebih sehat. Pasalnya, jika tubuh sehat, maka kulit akan terlihat lebih segar dan sehat.

 

Berita Lainnya