Lima Cara Agar Tetap Semangat Puasa Ramadhan

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Sabtu 11 Mar 2023 16:06 WIB

 Amal ibadah Ramadhan (Ilustrasi) Foto: Dok Republika Amal ibadah Ramadhan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Terdapat cara-cara yang bisa dipraktikkan untuk merasa bersemangat sepanjang bulan suci Ramadhan.

Bulan suci Ramadan kemungkinan akan jatuh pada 23 Maret, sambil menunggu konfirmasi dari komite penampakan hilal Islam. Sepanjang bulan, umat Islam menahan diri dari makan dan minum dari matahari terbit hingga terbenam. Ritual Islam berpusat pada ibadah, pelayanan, pertemuan komunitas, dan pengembangan spiritual.

Baca Juga

Dilansir di Al Arabiya, Sabtu (11/3/2023), menyesuaikan diri dengan kekurangan makanan dan air di siang hari dapat membuat orang merasa lelah dan lesu. Dan meskipun jam kerja dan sekolah dikurangi, tetap akan sulit untuk tetap bersemangat dan fokus sepanjang hari.

Berikut lima tips agar tetap semangat menempuh puasa di bulan Ramadhan:

Pertama, air.

Meskipun ini mungkin berlebihan, penting untuk memastikan bahwa memenuhi asupan air harian selama Ramadhan adalah hal yang sangat penting. Cobalah untuk minum setidaknya 8-10 gelas air selama jam-jam non-puasa untuk mencegah dehidrasi. Jangan lupa juga minum jus segar, air kelapa, dan teh herbal.

Kedua, hindari kafein.

Karena umat Islam tidak dapat minum apa pun saat berpuasa, mereka yang terbiasa menikmati teh atau kopi pada pagi hari dapat memilih untuk menyerah pada kafein setelah berbuka puasa. Namun, terlalu banyak kafein bisa sangat membuat dehidrasi, jadi sebaiknya batasi jumlah kopi, teh, atau minuman bersoda yang biasa diminum setelah berbuka puasa.

Ketiga, sering-seringlah tidur siang

Tidur secara drastis memengaruhi tingkat energi. Selama Ramadhan, ketika sebagian besar aktivitas dilakukan setelah matahari terbenam, penting untuk memastikan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup. Tidur siang singkat di siang hari dapat membantu mengisi ulang tingkat energi.

Tidur siang selama 15 atau 30 menit sudah cukup untuk membantu menjalani hari.

Keempat, makan buka puasa dengan makanan yang sehat

Berbuka puasa dengan makanan sehat seperti kurma, buah-buahan, dan sayuran dapat membantu menjaga tingkat energi. Hindari makan makanan yang digoreng dan bergula saat berbuka karena bisa membuat tubuh merasa lesu.

Cobalah untuk makan makanan seimbang dengan protein, sayuran, dan karbohidrat agar tubuh merasa puas dan bergizi baik.

Kelima, hindari aktivitas fisik yang berlebihan

Aktivitas fisik yang berat saat berpuasa dapat membuat tubuh merasa lelah setelah berbuka puasa. Sebagai gantinya, cobalah untuk melakukan latihan intensitas rendah seperti berjalan kaki atau yoga.