Baznas akan Gelar Pesantren Kilat Ramadhan di Kapal

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

 Jumat 10 Mar 2023 19:24 WIB

Baznas RI menggelar Tarhib Ramadhan 1444 H dengan meluncurkan Program Menulis Alquran di kantor Baznas RI, Jakarta, Jumat (10/3/2023). Baznas akan Gelar Pesantren Kilat Ramadhan di Kapal Foto: Dok. Baznas Baznas RI menggelar Tarhib Ramadhan 1444 H dengan meluncurkan Program Menulis Alquran di kantor Baznas RI, Jakarta, Jumat (10/3/2023). Baznas akan Gelar Pesantren Kilat Ramadhan di...

Peserta pesantren kilat ini adalah anak-anak dari kalangan muzakki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI akan menyelenggarakan kegiatan pesantren kilat di kapal pada bulan suci Ramadhan 1444 H, bekerja sama dengan TNI AL. Peserta pesantren kilat ini adalah anak-anak dari kalangan muzakki.

Pimpinan Baznas RI bidang pendistribusian dan pendayagunaan Saidah Sakwan menyampaikan, dengan kegiatan tersebut, Baznas ingin mengajak para muzakki menyapa mustahik terutama di Kepulauan Seribu. Dalam pesantren kilat yang digelar selama tiga hari ini, akan ada 300 anak-anak dari berbagai sekolah di Jabodetabek.

Baca Juga

"Di samping pesantren kilat, kita akan melakukan kerja-kerja sosial. Misalnya berupa santunan, renovasi mushala, maupun rehabilitasi rumah para mustahik, yang melibatkan anak-anaknya muzakki," kata dia dalam konferensi pers di kantor Baznas RI, Jakarta, Jumat (10/3/2023).

Saidah mengatakan, selama tiga hari itu, Baznas juga akan melakukan roadshow di Kepulauan Seribu. Seluruh pimpinan Baznas akan terlibat dengan menjadi pendamping bagi seluruh peserta pesantren kilat. Pesantren kilat tersebut akan mengundang putri pengusaha Indonesia Chairul Tanjung, Putri Tanjung, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia KH Asrorun Ni'am Sholeh yang juga akan menjadi pendamping.

Selain itu, Baznas pada Ramadhan tahun ini tentu akan memberikan pelayanan terbaik bagi para muzakki yang akan melaksanakn zakat fitrah. "Bulan suci Ramadhan adalah bulan berbagi, dan insya Allah akan kami distribusikan ke seluruh Indonesia. Berasnya akan kami distribusikan ke seluruh wilayah Indonesia. Jadi beras tersebut menyapa nusantara," kata Saidah.

Dia menambahkan, Baznas juga akan membuat pelayanan untuk mushala dan masjid, dengan melakukan renovasi dan bedah mushala serta masjid. Hal ini supaya kaum Muslimin dan Muslimat dapat melaksanakan ibadah dengan nyaman dan terlayani dengan baik.

"Kita juga melayani para mustahik yang kurang beruntung di bulan Ramadhan. Kita melaksanakan santunan kepada teman-teman yatim piatu, dan juga ada paket Ramadhan Bahagia untuk keluarga yang ketika mau ifthar di bulan Ramadhan tidak punya logistik. Kami akan sediakan itu," tambahnya.

Pelayanan Baznas selama Ramadhan 1444 H juga mencakup bidang kesehatan. Saidah menuturkan, Baznas akan memberikan pelayanan kesehatan di masjid jami dan pesantren.

Baznas juga akan melanjutkan program selama momen mudik dengan mendirikan Posko Mudik. "Teman-teman Baznas Tanggap Bencana (BTB) akan mendirikan posko mudik di jalur Pantura, jalur tol dan non-tol, baik untuk melayani muzakki maupun mustahik. Kami akan punya posko mudik di 12 titik," jelasnya.

 

Berita Lainnya