Pemkab Nagan Raya Aceh Gelar Pasar Murah Jelang Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

 Kamis 09 Mar 2023 22:03 WIB

 Seorang petugas menyiapkan karton telur untuk dibagikan di sebuah pasar di Banda Aceh, Kamis, 22 Desember 2022. Pemkab Nagan Raya Aceh Gelar Pasar Murah Jelang Ramadhan Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK Seorang petugas menyiapkan karton telur untuk dibagikan di sebuah pasar di Banda Aceh, Kamis, 22 Desember 2022. Pemkab Nagan Raya Aceh Gelar Pasar Murah Jelang...

Pasar murah merupakan salah satu langkah strategis menekan laju inflasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKA MAKMUE -- Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Nagan Raya, Aceh, menggelar pasar murah di 10 kecamatan. Pasar murah berlangsung selama 8-17 Maret 2023.

"Pasar murah ini digelar dalam rangka membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok menjelang bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Amran Yunus, Kamis (9/3/2023).

Baca Juga

Menurutnya, pasar murah merupakan salah satu langkah strategis dalam menekan laju inflasi di daerah. Selain itu, kegiatan tersebut juga dilakukan untuk menjaga stabilitas harga komoditas bahan pokok. Sebagian di antaranya telah mengalami kenaikan harga.

Adapun bahan pokok yang disediakan dalam pasar murah tersebut di antaranya beras sebanyak 35 ribu kilogram, gula pasir 8.000 kilogram, minyak goreng 8.000 liter, dan telur ayam 90 ribu butir.

Amran mengatakan dalam kegiatan pasar murah, pemerintah daerah menjual barang kebutuhan pokok yang telah disubsidi, sehingga diharapkan masyarakat mendapatkan bahan pokok yang harga yang lebih murah dan terjangkau.

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kabupaten Nagan Raya Teuku Kamaruddin mengatakan pelaksanaan kegiatan pasar murah tersebut merupakan agenda rutin yang dananya bersumber dari anggaran Dinas Perindagkop UKM 2023.

"Tujuannya, untuk membantu meringankan beban masyarakat akan kebutuhan bahan pokok sehari-hari," tuturnya.

Menurutnya, dengan tingginya permintaan barang-barang kebutuhan pokok dan harga barang mengalami kenaikan, Pemkab Nagan Raya membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok melalui program pasar murah.

"Tentunya, pasar murah ini kita gelar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2023," kata Teuku.

Berita Lainnya