Ramadhan Kali Ini Istimewa untuk Anak-Anak di UEA

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 08 Mar 2023 19:39 WIB

Bulan Ramadhan (ilustrasi). Ramadhan Kali Ini Istimewa untuk Anak-Anak di UEA Foto: Dok Republika Bulan Ramadhan (ilustrasi). Ramadhan Kali Ini Istimewa untuk Anak-Anak di UEA

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI -- Ramadhan tahun ini di Uni Emirat Arab (UEA) sangat dinanti-nantikan oleh anak-anak sekolah. Ramadhan kali ini bertepatan dengan liburan musim semi di seluruh negeri.

Dilansir dari Gulf News, Rabu (8/3/2023), siswa akan dapat menjalani sebagian besar Ramadhan di rumah. Bulan Suci diperkirakan akan dimulai pada 23 Maret dan liburan musim semi secara resmi akan dimulai pada Senin, 27 Maret 2023.

Baca Juga

Sehingga, Jumat, 24 Maret 2023 akan menjadi hari terakhir kelas untuk semester saat ini. Anak-anak sekolah hanya akan bersekolah selama satu atau dua hari di bulan Ramadhan sebelum memulai liburan musim semi.

Libur musim semi akan berlangsung dari 27 Maret hingga 14 April lalu sekolah akan dibuka kembali pada 17 April. Sekolah swasta yang mengikuti kurikulum internasional akan tetap tutup selama liburan musim semi dari 27 Maret hingga 7 April dan kelas akan dimulai pada 10 April setelah akhir pekan.

Ramadhan akan berlangsung selama 29 atau 30 hari, tergantung penampakan bulan Syawal. Oleh karena itu, Idul Fitri diperkirakan akan diamati pada Kamis, 20 April atau Jumat, 21 April.

Artinya, anak-anak akan memiliki akhir pekan tiga atau empat hari di akhir minggu pertama mereka kembali ke sekolah untuk semester berikutnya. Berikut ini secara singkat tentang seperti apa sekolah di UEA Ramadhan ini.

  • Ramadhan kemungkinan akan dimulai pada Kamis, 23 Maret.
  • Anak-anak akan bersekolah selama dua hari pada 23 Maret dan 24 Maret, sebelum akhir pekan dimulai.
  • Liburan musim semi akan dimulai pada Senin, 27 Maret.
  • Libur musim semi akan berakhir pada Kamis (13 April) untuk sekolah kurikulum negeri.
  • Sekolah kurikulum internasional akan dibuka kembali pada 10 April.
  • Idul Fitri diprediksi jatuh pada Kamis, 20 April atau Jumat, 21 April.