Lima Tips Seimbangkan Kesibukan Harian dengan Ibadah Ramadhan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 22 Mar 2023 07:05 WIB

Pekerja saat jam pulang kerja di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis (2/3/2023). Lima Tips Seimbangkan Kesibukan Harian dengan Ibadah Ramadhan Foto:

1

Lima Tips Seimbangkan Kesibukan Harian dengan Ibadah Ramadhan

1. Berdoa

Berdoa terus menerus kepada Allah di siang hari di bulan Ramadhan karena doa orang yang berpuasa diterima. Sungguh bagus bahwa ujian terjadi saat kita berada di bulan Ramadhan sehingga kita dapat berdoa untuk kesuksesan dan nilai bagus dan ini akan membuat kita merasa lebih berharap tentang kesuksesan dan penerimaan insya Allah. 

2. Mengaji

Baca beberapa halaman Alquran setelah setiap shalat. Luangkan lima menit setelah shalat untuk membaca beberapa halaman dengan perenungan. Ini akan memudahkan kita belajar dan memberi kita kemudahan dan berkah Allah.

3. Muratal Alquran

Muratal Alquran sepanjang hari juga untuk mendapatkan pahala meski hanya mendengarkan saja.

4. Dzikir

Lakukan zikir terus-menerus sepanjang hari. Dzikir mudah, tetapi sangat bermanfaat. 

5. Sholat malam

Jika kita tidak dapat sholat tarawih berjamaah karena alasan apa pun, pastikan sholat malam kapan pun kita bisa dan berbicara dengan Allah dan terhubung dengan-Nya.

Ingat, Aisyah telah mengatakan bahwa Rasulullah (SAW) ditanya tentang tindakan yang paling menyenangkan Allah. Dia membalas: "Yang dilakukan terus menerus, meskipun kecil." (Sahih Muslim).