Istano Basa Pagaruyung Banjir Pengunjung Saat Libur Lebaran

Red: Reiny Dwinanda

Jumat 06 May 2022 12:57 WIB

Foto udara pengunjung berwisata di Istano Basa Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Rabu (4/5/2022). Destinasi wisata sejarah dan budaya museum berupa replika istana Kerajaan Pagaruyung itu menjadi tujuan favorit wisatawan saat libur Lebaran. Foto:

1

Melihat dari angka kunjungan yang melonjak tinggi tersebut, Hakim mengatakan, dampaknya baik pula pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata. Ia memprediksi pendapatan daerah dari penjualan tiket itu bisa tembus Rp 1 miliar.

"Itu belum termasuk pendapatan dari parkir kendaraan," katanya.

Tidak  hanya itu,menggeliatnya kunjungan wisatawan ke Istano Basa Pagaruyung turut berdampak positif juga terhadap perekonomian masyarakat. Pedagang, penyewaan pakaian adat, dan fotografer Istano turut merasakan geliat pariwisata.

photo
Foto udara pengunjung berwisata di Istano Basa Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Rabu (4/5/2022). Destinasi wisata sejarah dan budaya museum berupa replika istana Kerajaan Pagaruyung itu menjadi tujuan favorit wisatawan saat libur Lebaran. - (ANTARA/Iggoy el Fitra)

"Kalau kita hitung sekarang tentu belum bisa. Kita bisa menanyakan kepada pedagang yang beraktivitas, bagaimana pendapatan mereka saat ini. Belum lagi, kawan kawan fotografer Istano, dan pakaian adat yang kebanjiran order," katanya.

Selain Istano Basa Pagaruyung, destinasi wisata lainnya di Tanah Datar yang juga dipadati wisatawan. Sebut saja, objek wisata Tanjung Mutiara dan Panorama Tabek Patah.

 

Terpopuler