Polisi Imbau Pakai Jalur Alternatif ke Pangandaran

Red: Reiny Dwinanda

Kamis 05 May 2022 10:49 WIB

Puluhan calon penumpang berebut masuk saat bus jurusan Pangandaran tiba di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Sabtu (30/4/2022). Sejumlah bus terlambat datang ke terminal, akibat kepadatan dan kemacetan lalu lintas di sejumlah titik di jalur selatan kawasan Priangan Timur. Wisatawan diserukan menempuh jalur alternatif untuk ke Pangandaran. Foto:

1

Menurut Ibrahim, jika wisatawan berangkat dari daerah Bandung, maka jalur alternatif yang bisa dilalui, yakni jalur wisata Ciwidey atau Pangalengan menuju ke arah Cidaun, Cianjur. Kemudian, wisatawan bisa menelusuri jalur Pantai Selatan ke arah timur.

"Sebelum mencapai Pangandaran, nantinya para wisatawan juga akan menemukan sejumlah objek wisata lainnya, seperti Pantai Rancabuaya, Pameungpeuk, Cipatujah, Cikalong, Cijulang, dan Parigi," kata Ibrahim.

Lalu, wisatawan dari Jakarta juga bisa menikmati jalur alternatif Pantai Selatan mulai dari Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Nantinya, para wisatawan dari Jakarta itu pun bakal dipertemukan dengan kawasan wisata seperti Geopark Ciletuh, Pantai Ujung Genteng, Tegal Buleud, Agrabinta, dan Sindang Barang.

Mengingat hari libur pada Lebaran 2022 ini cukup panjang, Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana memprediksi kunjungan wisatawan ke berbagai tempat wisata di Jabar akan berlangsung hingga Ahad (8/5) atau H+5 setelah Lebaran 2022. Namun, menurutnya, puncak kepadatan mobilitas masyarakat ke tempat wisata diprediksi akan terjadi pada Jumat (6/5) atau Sabtu (7/5).

"Puncaknya bisa di Jumat dan Sabtu, sehingga kami harus membagi kekuatan personel untuk mengawasi semua objek wisata," kata Suntana, di Bandung, Rabu (4/5).