Puasa Syawal Tutupi Kekurangan Puasa Wajib

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah

 Kamis 05 May 2022 09:45 WIB

Ilustrasi Berpuasa. Puasa Syawal Tutupi Kekurangan Puasa Wajib Foto: Pixabay Ilustrasi Berpuasa. Puasa Syawal Tutupi Kekurangan Puasa Wajib

Puasa Syawal akan menyempurnakan puasa Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat sejumlah faedah yang bisa didapatkan seorang Muslim saat menjalankan puasa Syawal. Salah satunya, yakni puasa Syawal seperti sunnah rawatib yang menutupi kekurangan amalan wajib.

Dikutip dari buku Fikih Bulan Syawal oleh Muhammad Abduh Tuasikal, puasa Syawal seperti halnya sholat sunnah rawatib yang dapat menutup kekurangan dan menyempurnakan ibadah wajib. Yang dimaksudkan di sini bahwa puasa Syawal akan menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang ada pada puasa wajib di bulan Ramadhan sebagaimana sholat sunnah rawatib yang menyempurnakan ibadah wajib.

Baca Juga

Amalan sunnah seperti puasa Syawal nantinya akan menyempurnakan puasa Ramadhan yang seringkali ada kekurangan di sana-sini. Inilah yang dialami setiap orang dalam puasa Ramadhan, pasti ada kekurangan yang mesti disempurnakan dengan amalan sunnah. (Lathaif Al-Ma’ari)

Di samping itu, puasa Syawal juga akan menggenapkan ganjaran berpuasa setahun penuh, dari Abu Ayyub Al-Anshari radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَامَ رَمَضانَ ثُمَّ أَتَبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كانَ كصِيَامِ الدَّهْرِ

“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim, no. 1164).

Para ulama mengatakan berpuasa seperti setahun penuh asalnya karena setiap kebaikan semisal dengan sepuluh kebaikan. Bulan Ramadhan (puasa sebulan penuh) sama dengan (berpuasa) selama sepuluh bulan (30 x 10 = 300 hari = 10 bulan) dan puasa enam hari di bulan Syawal sama dengan (berpuasa) selama dua bulan (6 x 10 = 60 hari = 2 bulan). (Al-Minhaj Syarh Shahih Muslim) 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X