Inilah yang Terjadi Ketika Anda Selesai Membaca Alquran

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

 Kamis 05 May 2022 06:05 WIB

Ilustrasi anak mengaji alquran. Inilah yang Terjadi Ketika Anda Selesai Membaca Alquran Foto: Republika/Yogi Ardhi Ilustrasi anak mengaji alquran. Inilah yang Terjadi Ketika Anda Selesai Membaca Alquran

Ketika Alquran selesai dikhatamkan, rahmat Allah akan turun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membaca Alquran memiliki manfaat bagi setiap individu. Dilansir dari About Islam, Jumat (22/4/2022), inilah yang terjadi ketika Anda mengkhatamkan Alquran.

 

Baca Juga

Doa Anda Dikabulkan

 

Berbagai riwayat menunjukkan ketika Alquran selesai dikhatamkan, rahmat Allah akan turun dan doa-doa yang dipanjatkan akan turut diaminkan oleh ribuan malaikat hadir. Kita tahu dari masyarakat awal bahwa mereka biasa berkumpul bersama anak-anak dan keluarga mereka ketika mereka akan membaca Alquran secara lengkap.

 

Mereka akan melakukan ini karena sering kali dianggap sebagai waktu di mana doa-doa diterima. Tapi itu juga mengajarkan kita pentingnya memiliki hubungan dengan Alquran. Ini adalah bulan dimana kita harus menghidupkan kembali hubungan kita dengan kitab Allah.

 

Perkuat Hubungan dengan Alquran

 

Tapi inti dari membaca Alquran di bulan Ramadhan bukan hanya membacanya di bulan Ramadhan dan tidak memiliki hubungan itu di luar Ramadhan, ini untuk membangun kembali koneksi itu. Untuk memberi kita hubungan yang dihidupkan kembali dengan Alquran sehingga kita dapat melanjutkan ini setelah Ramadhan.

 

Dan ini adalah sesuatu yang kami harapkan agar kita semua secara teratur mengkhatamkan Alquran. Bahkan jika kita adalah pembaca yang paling lambat, mari kita membuat tujuan untuk melakukannya satu tahun satu kali mengkhatamkan Alquran. Jika Anda sedikit lebih cepat, mari kita membuat tujuan melakukan dua khatam setahun, jika Anda sedikit lebih cepat, mari kita memiliki niat yang lebih tinggi.

 

Bagi yang bisa membaca cukup cepat, mari kita niatkan untuk menyelesaikan Alquran setiap dua bulan, atau bahkan setiap bulan. Mereka yang membaca lebih cepat, mungkin mereka akan menyelesaikan Alquran beberapa kali dalam satu bulan. Ini kemudian akan menghidupkan hubungan kita dengan kitab Allah.

 

Kami berharap gagasan khatam ini menyebar di tingkat komunitas lokal kami di mana pun kami mempraktikkan Islam, sehingga kami kemudian dapat mengalami berkah dan rahmat yang datang dengan kitab Allah, berhubungan kembali dengan pidato abadi Tuhan kita.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X