Masjid Istiqlal Gelar Takbir Nasional, Pemimpin Negara Lain Turut Diundang

Red: Reiny Dwinanda

Ahad 01 May 2022 20:45 WIB

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar memberikan sambutan menjelang takbir akbar pada Ahad (1/5/2022). Foto:

1

Sebelumnya, pengelola Masjid Istiqlal mengonfirmasikan akan digelarnya shalat Id perdana di masa pandemi Covid-19 pada Ahad. Dalam dua tahun terakhir, sholat Id di Istiqlal terpaksa ditiadakan sebagai imbas angka penularan yang tinggi.

"Di bawah pimpinan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), pihak Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) sudah melakukan koordinasi tentang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah di Masjid Istiqlal," ujar Nasaruddin.

Rencananya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta sejumlah pejabat negara akan melangsungkan sholat Idul Fitri di Istiqlal. Bagi masyarakat yang ingin Shalat Id diminta untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

Pemerintah telah mengumumkan 1 Syawal 1443 Hijriah/Lebaran 2022 jatuh pada Senin. Ketetapan diputuskan melalui sidang Isbat.

"Secara mufakat tadi sidang isbat menetapkan bahwa 1 Syawal 1443 Hijriyah jatuh pada hari Senin tanggal 2 Mei 2022 Masehi," ujar Yaqut.

Yaqut memaparkan, sidang menyepakati keputusan tersebut karena dua hal, yakni dari paparan Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag yang menyampaikan bahwa ketinggian hilal di seluruh Indonesia berada pada posisi 4 derajat 0, 59 menit sampai dengan 5 derajat 33,57 menit.

 

Terpopuler