Masyarakat Tasikmalaya Diminta tak Lakukan Takbir Keliling

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Ani Nursalikah

 Ahad 01 May 2022 19:17 WIB

Takbir keliling (ilustrasi). Masyarakat Tasikmalaya Diminta tak Lakukan Takbir Keliling Foto: Anadolu Agency Takbir keliling (ilustrasi). Masyarakat Tasikmalaya Diminta tak Lakukan Takbir...

Polisi menutup sejumlah ruas jalan di Kota Tasikmalaya pada malam takbiran.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Polres Tasikmalaya Kota menutup sejumlah ruas jalan di Kota Tasikmalaya pada malam takbiran, Ahad (1/5/2022). Penutupan ruas jalan itu dilakukan sejak Ahad pukul 20.00 WIB hingga 24.00 WIB untuk mengantisipasi kerumunan orang saat malam takbiran.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Aszhari Kurniawan mengatakan tetap mengantisipasi penyebaran Covid-19 pada momen Lebaran kali ini. Karena itu, ia meminta masyarakat di Kota Tasikmalaya tak melakukan takbir keliling.

Baca Juga

"Kami sudah imbau tokoh masyarakat untuk melaksanakan takbiran di masjid lingkungan masing-masing. Kalau ada yang melakukan takbir keliling, kami akan amankan," kata dia, Ahad sore.

Selain memgantisipasi terjadinya kerumunan, ia menambahkan, polisi juga akan melakukan patroli seperti biasa ke sejumlah wilayah yang dianggap rawan. Patroli itu dilakukan untuk mengantisipasi kemunculan geng motor yang meresahkan masyarakat.

"Kami juga kemarin mengamankan beberapa orang yang diduga geng motor," kata dia.

Sementara untuk momen setelah Lebaran, Aszhari mengatakan telah menugaskan sejumlah personel untuk melakukan penjagaan di tempat-tempat wisata. Pasalnya, diprediksi tempat wisata di Kota Tasikmalaya akan ramai pengunjung usai Lebaran.

Ia telah meminta pengelola tempat wisata untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Aplikasi PeduliLindungi juga harus digunakan untuk skrining pengunjung yang datang.

"Kalau ada kerumunan berlebihan, kami akan koordinasi dengan pengelola tempat wisata itu," kata dia.

Berita Lainnya