Tiga Hal yang Harus Diketahui Sebelum Sholat Idul Fitri

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah

 Ahad 01 May 2022 19:07 WIB

Sejumlah umat muslim mendengarkan ceramah usai shalat Idul Fitri 1442 H di Jalan Arif Rahman Hakim, Depok, Jawa Barat, Kamis (13/5/2021). Pemerintah Kota Depok memperbolehkan masyarakat melaksanakan shalat Idul Fitri 1442 H di sejumlah masjid dan lapangan terbuka dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19. Tiga Hal yang Harus Diketahui Sebelum Sholat Idul Fitri Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha Sejumlah umat muslim mendengarkan ceramah usai shalat Idul Fitri 1442 H di Jalan Arif Rahman Hakim, Depok, Jawa Barat, Kamis (13/5/2021). Pemerintah Kota Depok memperbolehkan masyarakat melaksanakan shalat Idul Fitri 1442 H di sejumlah masjid dan lapangan terbuka dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19. Tiga Hal yang Harus Diketahui Sebelum Sholat Idul Fitri

Tidak ada adzan dan iqamah pada sholat Idul Fitri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sholat Idul Fitri merupakan sholat sunnah muakaddah yang dikerjakan berjamaah dua rakaat. Adapun persiapan sholat Idul Fitri menurut buku Bekal Ramadhan dan Idul Fitri tulisan Muhammad Saiyid Mahadhir menjelaskan tiga persiapan Sholat Idul Fitri.

1. Menyusun shaf 

Baca Juga

Umumnya sholat sunnah Idul Fitri dihadiri oleh umat Islam baik laki-laki maupun perempuan, baik tua maupun muda, dan banyak juga anak-anak ikut hadir. Dalam kondisi seperti ini, sunnahnya susunan shaf sholatnya adalah jamaah laki-laki di depan, kemudian di belakang mereka anak-anak, jamaah berkelamin ganda baru kemudian jamaah perempuan.

Imam An Nawawi menuliskan,

 وإن حضر رجال وصبيان وخنائي ونساء تقدم الرجال ثم الصبيان ثم الخنائي ثم النساء 

"Apabila ada banyak makmum dari kalangan laki laki, anak-anak, mereka yang berkelamin ganda, (jika memang ada) dan perempuan, maka jamaah makmum laki-laki yang di depan, kemudian anak-anak, kemudian berkelamin ganda kemudian perempuan.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah saw 

عن أبي هريرة – رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : خير صفوف الرجال أولها ، وشرها آخرها ، وخير صفوف النساء آخرها ، وشرها أولها ، 

Dari Abu Hurairah ra, Rasullah saw bersabda, "Sebaik-baik shaf laki-laki adalah yang pertama, dan sejelek-jeleknya adalah yang terakhir. Sedangkan sebaik-baiknya shaf perempuan adalah yang terakhir dan yang paling jeleknya adalah yang pertama." (HR Muslim) 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X