Menikmati mudik Lebaran di jalur wisata Kabupaten Garut

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Senin 02 May 2022 12:18 WIB

Pertunjukan adu domba di halaman peternakan domba garut di Desa Wisata Saung Ciburial, Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Pemudik bisa menikmati objek wisata dan kuliner di sepanjang lintas Kabupaten Garut Foto:

1

Mudik Lintas Selatan

Bupati Garut Rudy Gunawan dalam kesempatan kunjungannya ke Garut selatan menyampaikan bahwa jalur selatan Jabar lintas Cianjur sampai Tasikmalaya itu sudah siap dilalui pemudik yang ingin menghindari kemacetan di jalan nasional lintas Nagreg, Kabupaten Bandung.

Hasil peninjauan wilayah selatan itu, Bupati mengajak pemudik yang dari Jakarta menuju Yogyakarta untuk menggunakan jalur lintas selatan karena jalan yang sudah selesai dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kondisinya bagus, aman dilintasi, dan juga memiliki pemandangan alam luar biasa, yaitu pantai.

Jalan lintas selatan Jabar itu, dipastikan oleh Bupati aman karena sepanjang jalan terdapat empat kantor Kepolisian Sektor, Markas Komando Rayon Militer, juga ada tiga kantor kecamatan, serta melintasi banyak pemukiman rumah warga. Jalan selatan lintas Garut itu memiliki panjang sekitar 80 km, di sepanjang jalan itu pemudik bisa menikmati objek wisata pantai, dan juga wisata yang menyuguhkan pemandangan laut lepas yaitu di Puncak Guha.

"Ada Puncak Guha, bisa berhenti dulu di situ, ada pemandangan yang bagus," kata Bupati.

Kondisi objek wisata di selatan Jabar itu, diklaim Bupati sudah siap untuk dikunjungi, pengelola wisatanya juga ramah-ramah, begitu juga dengan menu makanan yang disajikan murah-murah, dan terjangkau.

Menurut dia wisatawan yang mudik ke Garut, maupun hanya berwisata menikmati keindahan alam Garut tidak akan menyesal, melainkan akan memberi kesan menarik, terlebih ada wisata yang baru selesai direvitalisasi yaitu Pantai Sayang Heulang.

"Objek wisata yang ada di selatan misalnya, kita sudah siap, ada Sayangheulang, ada juga Puncak Guha, dan juga ada Santolo, ada Cijeruk di sepanjang jalan, ini ada sekitar delapan sampai sembilan objek wisata," katanya.