Kawasan Pelabuhan Makassar Kembali Dibuka untuk Jadi Lokasi Sholat Idul Fitri

Red: Reiny Dwinanda

Ahad 01 May 2022 00:48 WIB

KM Lambelu bersandar di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (6/5/2021). Pelabuhan Makassar kembali menjadi lokasi sholat Idul Fitri setelah dua tahun ditutup karena pandemi Covid-19. Foto:

1

Riman mengatakan, sholat Idul Fitri tahun ini akan dilakukan di Pelabuhan Makassar dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Jamaah diimbau tetap menggunakan masker.

Pengurus dan anggota Badan Kerja Sama Pembina Rohani Islam Keluarga Besar Perhubungan Provinsi Sulsel akan menjadi jamaah sholat Id di Pelabuhan Makassar. Selain itu, panitia juga mengundang seluruh masyarakat, utamanya yang berada di sekitar Pelabuhan Makassar, untuk ikut melaksanakan sholat Idul Fitri bersama.

"Khusus jamaah, pass masuk pelabuhan ditiadakan," kata Riman.

Hal ini ditekankan karena pada pelaksanaan sholat Idul Fitri tahun-tahun sebelumnya, kadang jamaah diberatkan dengan oknum yang memungut parkir secara liar. Padahal, parkir sebetulnya gratis. Sementara itu, biaya yang biasa dibayarkan sebelum masuk pelabuhan, ditiadakan untuk jamaah pada saat penyelenggaraan sholat Idul Fitri.

Setiap tahun, BKS Rohis Keluarga Besar Perhubungan Sulsel selalu menggelar sholat Id di area Pelabuhan Makassar. Karena itu, pada pelaksanaan tahun ini diupayakan lebih optimal dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.