Pasar Beringharjo Yogyakarta Kembali Buka Sampai Malam Saat Lebaran

Red: Reiny Dwinanda

Kamis 28 Apr 2022 19:16 WIB

Pengunjung memadati los pakaian Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Ahad (17/4/2022). Menyambut libur Lebaran, Pasar Beringharjo akan buka hingga pukul 21.00 WIB mulai 4 Mei 2022. Foto:

1

Selain menjaga jarak, pengunjung juga tetap diminta untuk memakai masker selama berada di dalam pasar. Kemungkinan akan sulit menerapkan protokol kesehatan menjaga jarak jika kondisi pasar sangat ramai.

"Tetapi, kami akan tetap berupaya semaksimal mungkin dengan melibatkan petugas keamanan," kata Yunianto.

Kebijakan buka sampai malam hari tersebut akan dievaluasi kembali dalam waktu dua hingga satu bulan kemudian untuk menentukan kebijakan lanjutan. Sebelumnya, Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Beringharjo Barat Bintoro menyatakan keinginannya agar pasar kembali diizinkan buka sampai malam hari saat libur Lebaran untuk memberikan kesempatan berbelanja bagi wisatawan yang tidak sempat datang saat siang hari.

"Wisatawan biasanya datang dari kota-kota yang jauh sehingga terkadang saat sampai di Beringharjo, pasar sudah tutup," katanya.

Pedagang di Pasar Beringharjo Barat bahkan sudah melakukan persiapan dengan menambah stok barang dagangan dua kali lipat dibanding hari biasa. Mereka berharap mampu meraup omzet lebih banyak saat libur Lebaran tahun ini.

"Stok yang ditambah disesuaikan dengan permintaan pasar seperti pakaian batik, kemeja, blus, daster, dan lainnya," katanya.

Terpopuler