Antisipasi Lonjakan Jamaah Sholat Idul Fitri, JIS Manfaatkan Concourse Sisi Selatan

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Reiny Dwinanda

Kamis 28 Apr 2022 16:13 WIB

Bus Metrotrans melintas di kawasan Halte Jakartas International Stadium (JIS), Jakarta, Selasa (1/3/2022). JIS bisa menampung hingga 20 ribu jamaah sholat Idul Fitri. Foto:

1

Setelah menggunakan concourse selatan, tengah, dan ramp barat, serta lainnya, JIS bisa menampung 20 ribuan jamaah. Menurut dia, kapasitas jamaah laki-laki maksimal saat ini mencapai 12 ribu orang, sementara perempuan mencapai 10 ribu orang.

"Kuota utama delapan ribu memang, tapi setelah ada pertambahannya, kira-kira (kapasitas) bisa sampai 20 ribu," jelas Aceng.

Sebelumnya, Aceng sempat mengatakan ada pengurangan kapasitas maksimal di JIS setelah ada penambahan. Kapasitas awal sekitar delapan ribu bertambah menjadi 24.157 orang karena penggunaan ramp timur.

Mengingat ramp timur tidak digunakan, kapasitas kembali berkurang menjadi 14 ribu yang bisa dimaksimalkan menjadi 20 ribu. Sebagai informasi, panitia juga menyiapkan 60 titik area wudhu yang tersebar di empat tangga (grand stair) timur dan barat, empat unit toilet, ditambah 20 titik keran yang didukung truk pompa PAM Jaya di sisi barat JIS.

Sementara itu, untuk tempat parkir terbatas 2.000 kendaraan. Jamaah diharapkan dapat memaksimalkan penggunaan kendaraan umum atau menggunakan kantong parkir lain di sekitar JIS.

Terpopuler