Dr Erlina: Vaksin Butuh Waktu untuk Merangsang Terbentuknya Antibodi

Red: Reiny Dwinanda

Kamis 28 Apr 2022 06:30 WIB

Petugas kesehatan memeriksa kesehatan pemudik dil posko layanan vaksinasi Covid-19, Rest Area 86 ruas Tol Cipali, Jawa Barat, Selasa (26/4/2022). Layanan vaksinasi tersebut ditujukan untuk mempermudah pemudik yang belum sempat mendapat vaksin, baik dosis pertama, kedua maupun ketiga atau booster sebagai upaya mendukung pemerintah dalam mempercepat penanggulangan pandemi COVID-19.Prayogi/Republika. Foto:

1

Pemakaian masker dengan benar antara lain pas menutupi wajah dan mulut dan rutin menggantinya bila basah, kotor atau setelah empat jam menjadi bagian penting di sini.

"Kalau terpaksa di dalam perjalanan harus makan dan minum karena memang perjalanan enam hingga delapan jam misalnya, dibuka saat minum lalu tutup lagi," tutur Erlina. 

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Tjandra Yoga Aditama mengingatkan pemudik mengenakan masker medis. Lebih baik lagi bila mereka memilih jenis seperti N95 maupun KN95.

photo
Sudah divaksinasi, orang masih bisa kena Covid-19. - (Republika)

Pemudik juga perlu patuh menerapkan protokol secara rutin mencuci tangan dan berupaya optimal menjaga jarak dengan orang lain di sekitar demi mencegah penularan Covid-19 dari batuk, bersin, atau berbicara keras. Kemudian, walau saat ini tak ada lagi aturan melakukan tes antigen sebelum bepergian bagi mereka yang mendapatkan booster, bila ada keluhan dan atau ada kontak dengan pasien Covid-19, tes usap tetap perlu dilakukan.

 

Terpopuler