Catat! Tips Sehat Selama Perjalanan Mudik 2022

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 27 Apr 2022 17:23 WIB

Sejumlah pemudik saat mendorong mobilnya yang mogok di Rest Area KM 228 ruas Jalan Tol Kanci-Pejagan, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (1/6). Ilustrasi. Catat! Tips Sehat Selama Perjalanan Mudik 2022 Foto:

1

4. Siapkan peralatan pribadi  

Supaya terhindar dari beragam penyakit, termasuk Covid-19, usahakan pemudik menggunakan peralatan pribadi. Misal, jika ingin sholat, gunakan peralatan sholat sendiri. Ini lebih baik dibandingkan harus meminjam orang lain. Jangan lupa juga menyiapkan obat pribadi selama mudik. “Jika memiliki penyakit tertentu, jangan lupa siapkan obat yang biasa dikonsumsi,” ujarnya.

5. Minum air yang cukup

Penting bagi pemudik atau pengendara agar tidak mengalami dehidrasi. Sebab, dehidrasi bisa membuat kurangnya konsentrasi. Ini akan sangat berbahaya, khususnya bagi para pengendara. Oleh karena itu, Katrin menganjurkan untuk selalu minum air cukup.

6. Istirahat yang cukup dan berolahraga

Ada baiknya, sebelum berangkat, Anda menyiapkan kondisi fisik agar selama perjalanan mudik tidak mudah lelah. Katrin menjelaskan sebelum hari keberangkatan, pemudik diusahakan untuk istirahat yang cukup dan berolahraga secara teratur.

“Berolahraga secara teratur sebelum perjalanan dapat melancarkan peredaran darah, tidak mudah mengantuk, dan tubuh tetap bugar,” ucapnya.

7. Pastikan kondisi kendaraan siap dan jangan lupa berdoa

Sebelum berangkat, pastikan kendaraan yang akan digunakan sudah siap, termasuk surat-surat yang dibutuhkan. Selain itu, jangan lupa selalu berdoa dan perhatikan keselamatan pengguna jalan.

“Jangan lupa berdoa dan tetap bersabar. Perhatikan kenyamanan pengguna jalan lain, fasilitas umum, dan teman seperjalanan Anda. Semoga perjalanan mudik Anda lancar, menyenangkan dan penuh berkah,” tambahnya.

Terpopuler