Tanda-Tanda Muslim yang Mendapatkan Berkah Lailatul Qadar

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah

 Selasa 26 Apr 2022 21:17 WIB

Itikaf Masjid Pusdai, Kota Bandung, berburu Lailatul Qadar (Ilustrasi). Pada 10 hari menjelang berakhirnya bulan Ramadhan, umat muslim melakukan Itikaf untuk meraih malam kemuliaan (Lailatul Qadar) dengan membaca Alquran, Sholat Tahajud (malam) dan berzikir. Foto: Republika/Abdan Syakura Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA Itikaf Masjid Pusdai, Kota Bandung, berburu Lailatul Qadar (Ilustrasi). Pada 10 hari menjelang berakhirnya bulan Ramadhan, umat muslim melakukan Itikaf untuk meraih malam kemuliaan (Lailatul Qadar) dengan membaca Alquran, Sholat Tahajud (malam) dan berzikir. Foto: Republika/Abdan Syakura

Lailatul Qadar merupakan malam penuh kebaikan saat Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam tersebut begitu istimewa bagi umat Islam sehingga tak heran banyak umat Islam yang berbondong-bondong dalam berupaya menjemput Lailatul Qadar.  

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ـ رضى الله عنه ـ عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ، وَمَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ ‏

Baca Juga

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang berpuaa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala (keridhaan) maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Dan barang siapa yang berdiri (menunaikan ibadah) pada malam Lailatul Qadar dengan (penuh) keimanan dan pengharapan (pahala), maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR Bukhari) 

Sejatinya, orang yang mendapatkan keutamaan Lailatul Qadar dapat terlihat dari ciri-ciri dan sikapnya. Ketua Umum Ikatan Dai Seluruh Indonesia (Ikadi), KH Ahmad Satori Ismail, mengatakan orang yang mendapatkan Lailatul Qadar dapat dilihat dari sikap sehari-hari yang dia lakukan.  

"Semakin hari, orang yang mendapatkan Lailatul Qadar akan naik ketakwaannya. Ibadahnya makin rajin, kesalehan sosialnya juga kian meningkat," kata Kiai Satori saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (26/4/2022).  

Lebih lanjut dia menjelaskan, orang yang mendapatkan Lailatul Qadar akan semakin peka dengan kesulitan orang lain dan berupaya untuk membantu meringankan kesulitan tersebut. Tak hanya itu, orang yang mendapatkan Lailatul Qadar senantiasa akan berwajah teduh dan memancarkan aura kebahagiaan.  

Untuk itu Kiai Satori berpesan, menjelang masa berakhirnya Ramadhan yang sebentar lagi akan usai ini umat Islam diharapkan terus menjadikan Ramadhan sebagai momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan. 

Menurut dia, semua amalan-amalan ibadah di bulan Ramadhan sangatlah baik untuk diamalkan di bulan-bulan selanjutnya. Baik itu kedisiplinan dalam berpuasa, sholat, maupun dalam berbagi terhadap sesama.

Dia berharap Ramadhan tahun ini dapat menjadi Ramadhan yang berarti bagi setiap umat Islam lantaran mengerjakan amal saleh yang maksimal.    

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X