Selasa 26 Apr 2022 05:05 WIB

Manfaat Baca Surah An-Naba Sangat Besar, Apa Saja?

Membaca surah an-Naba' memberikan manfaat bagi seorang hamba.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nashih Nashrullah
Membaca surah an-Naba mendatangkan kemudahan berziarah ke Makkah.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Membaca surah an-Naba mendatangkan kemudahan berziarah ke Makkah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Surah an-Naba' adalah surah ke-78 dalam Alquran. Surah ini terdiri dari 40 ayat, dan termasuk dalam kelompok surah Makiyyah atau surah yang diturunkan pada periode dakwah di Makkah. Surat ini dinamai an-Naba', yang bermakna 'berita besar', diambil dari perkataan an-Naba' yang terdapat pada ayat 2 surah ini. 

Di dalam surah ini, Allah mewahyukan tentang Hari Kebangkitan (kiamat), kabar gembira bagi orang-orang yang beriman, dan ancaman bagi orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah. Pada dasarnya, membaca ayat Alquran akan mendapatkan pahala kebaikan dari Allah SWT. 

Baca Juga

Demikian pula dengan membaca surah an-Naba'. Surah an-Naba' memiliki beberapa keutamaan. Karena itu, dianjurkan untuk membaca surah ini setiap hari.

Dikutip dari buku berjudul "Mafatih al-Jinan; Kunci-kunci Syurga" karya Syekh Abbas Al-Qummi. Syekh Shaduq RA meriwayatkan, bahwa Imam Ja'far Shadiq AS berkata, "Barang siapa membaca surah 'Amma Yatasa'alun (an-Naba’) setiap hari, maka dia tidak akan keluar dari tahun itu kecuali dia telah berziarah ke Baitullah, Makkah."  

Selain keutamaan itu, membaca surah an-Naba' akan dilimpahi kenikmatan di hari kiamat. Seperti diriwayatkan Syekh Thabarsi, dari Ubay bin Ka'ab di dalam Majma' al-Bayan-nya, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa membaca surah 'amma yatasa'alun, Allah akan memberinya minuman yang sejuk di hari kiamat."  

  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement