Tak Hanya Kurma, Ahli Gizi Sarankan Susu Dikonsumsi Selama Puasa

Red: Nora Azizah

 Sabtu 23 Apr 2022 21:10 WIB

Susu dianjurkan dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi selama puasa. Foto: www.freepik.com. Susu dianjurkan dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi selama puasa.

Susu dianjurkan dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi selama puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain mengonsumsi kurma, susu juga dianjurkan dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi saat berpuasa. Hal itu dikemukakan dokter ahli gizi dr Feni Nugraha, MARS, M.Gizi, SpGK.

Dia mengatakan susu merupakan makanan yang mengandung zat gizi yang baik dan lengkap, sehingga mampu berperan menjaga imunitas tubuh, serta kekuatan dan fungsi otot meskipun dalam kondisi berpuasa. Menurut dia, susu mengandung karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi dan ada lemak yang baik yaitu omega 3.

Baca Juga

Susu juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin E, seng, dan selenium yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D, yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. 

Di dalam satu gelas susu mengandung kalsium sekitar 300 mg, yang setara dengan 30 persen kebutuhan kalsium harian. Mencermati kandungan susu dan kurma tersebut, lanjut Feni, keduanya mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu karbohidrat, protein, lemak, kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh.

"Jadi kombinasi keduanya, memiliki manfaat yang baik untuk dapat menjaga stamina dan daya tahan tubuh selama bulan puasa," katanya.

Menurut dia, susu kurma dapat diminum secara langsung ataupun dijadikan paduan bahan dasar makanan menu takjil pada saat puasa. Paduan susu dan kurma, produknya kini sudah mudah ditemukan di sejumlah toko swalayan maupun warung di kota dan pelosok desa, baik dalam bentuk minuman kaleng, maupun dos berbentuk kotak.

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X