Bolehkah Wanita Hamil tidak Berpuasa?

Red: Hafidz Muftisany

 Selasa 24 Jul 2012 09:46 WIB

Ibu hamil (ilustrasi). Foto: Wordpress.com Ibu hamil (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, assalamualaikum

Pak ustad, saya baru menikah dan hamil tiga pekan. secara fisik saya tidak apa masalah. yang ingin saya tanyakan Apakah saya tetap berpuasa atau bisa membayar fidyah?

Fitri Tangerang

Jawaban:
Secara khusus tidak ada dalil yang meringankan wanita hamil untuk berbuka dan menggugurkan kewajiban puasa lalu menggantikannya dengan membayar  fidyah. Tidak boleh bagi wanita hamil atau menyusui untuk tidak berpuasa pada siang hari Ramadhan kecuali ada udzur (halangan).

Dalam kajian ulama, wanita hamil dikelompokkan kepada orang yang sakit atau berat melakukan puasa, sehingga bila tidak berpuasa, wajib menggantinya di luar bulan ramadhan.

Jika seorang wanita hamil khawatir adanya bahaya terhadap dirinya atau terhadap janinnya jika ia melaksanakan puasa di bulan Ramadhan, maka ia diberi keringanan tidak berpuasa, namun wajib baginya untuk mengqadha puasa itu. Hal itu tidak dibatasi pada umur kehamilan tertentu, karena ia sama kedudukannya dengan orang sakit, dan Allah Subhanahu wa Ta’ala telah berfirman.

“Artinya : Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebayak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain” [Al-Baqarah : 148]

Wallahu a'lam

Ust. Tajuddin Pogo,Lc, MH

 


Rubrik tanya jawab ini diasuh oleh Ikatan Da'i Indonesia (Ikadi). Kirim pertanyaan Anda ke: ustadzsiaga@rol.republika.co.id

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X