Safari Ramadhan, Jon Erizal Menginap di Rumah Penduduk Miskin

Red: Heri Ruslan

Rabu 25 Jul 2012 11:23 WIB

Jon Erizal saat makan sahur bersama di rumah penduduk. Foto: dokpri Jon Erizal saat makan sahur bersama di rumah penduduk.

REPUBLIKA.CO.ID, Bakal Calon Gubernur Riau, Jon Erizal menjadikan Ramadhan sebagai bulan silaturahim dan berbagi. Bendahara umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) itu pun  mendekatkan diri dengan masyarakat di Desa Kuala Gasib, Kabupaten Siak, Riau.

Saat menggelar Safari Ramadhan 1433 H, pengusaha terkemuka itupun tanpa sungkan dan canggung menginap dan sahur bersama di rumah warga miskin di Kabupaten Siak, Senin (23/7).

Jon Erizal mengaku ingin merasakan dekat dengan masyarakat Riau.  Di bawah tenda yang terbuat dari plastik, Jon Erizal tampak akrab bersama ratusan warga dan anak yatim. Mereka menikmati masakan ayam asam manis ditambah ikan asin dan sambal belacan.

“Saya merasakan seperti masa kecil dulu di kampung saya di Bengkalis,” ujarnya. Setelah berbuka, Jon Erizal melaksanakan shalat tarawih bersama warga di Masjid Assa’adah Desa Buatan II.

Setelah itu, Jon dan rombongan meluncur ke rumah seorang warga bernama Robiati di Desa Kuala Gasib untuk bersilaturahim. Tuan rumah mengajak Jon untuk menginap di rumahnya yang bersahaja.

Tawaran tuan rumah pun diterima. Jon Erizal pun menginap di rumah milik Robiati yang berdinding papan dan berlantai semen. Jon Erizal dan rombongan kemudian tidur di ruangan tamu beralaskan tikar plastik.

Ia pun langsung tidur melepaskan lelah, setelah seharian mengelingi sejumlah desa. “Saya nyenyak tidurnya, mungkin karena capek ya,” ujar Jon.

 

Setelah tidur sekitar tiga jam, Jon Erizal bangun untuk sahur. Tokoh masyarakat Riau itu sahur bersama-sama dengan tokoh masyarakat setempat dan keluarga Robiati.

“Saya senang dan menikmati sahur di rumah ini,” kata Jon. Dia berterima kasih kepada tuan rumah yang telah menyediakan tempat untuk menginap sekaligus sahur bersama warga setempat.

“Kami sebagai tuan rumah juga merasa sangat senang karena telah dikunjungi oleh Tokoh Riau, kami tidak menyangka kalau beliau mau menginap di rumah kami yang sederhana ini, jarang ada pemimpin yang mau dekat dengan rakyatnya seperti ini,” ujar Robiati.

Usai sahur, Jon Erizal dan rombongan melaksanakan shalat Subuh di Masjid Baiturrahman, Desa Kuala Gasib. Setelah sholat, Jon diminta untuk memberikan kuliah subuh oleh Imam Masjid.

Dalam ceramah singkatnya, Jon mengajak jamaah untuk menjadikan Ramadhan lebih indah. Caranya, bertawakal kepada Allah dan bertobat sebelum memasuki Ramadhan.

 

Ia juga berpesan  agar umat Islam menghindari perilaku yang mengganggu amalan seperti bergunjing dan ria. Ia mengajak umat Islam untu meraih keutamaan Lailatul Qadar pada Ramadhan 1433 H ini.

''Mari kita jadikan Ramadhan sebagai kawah candra dimuka untuk menuju ke tingkat Takwa,'' ujarnya.

 

Terpopuler